Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diplomasi Di Tengah Pandemik, KJRI Houston Siap Gelar Virtual Indonesian Festival

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Sabtu, 15 Agustus 2020, 00:16 WIB
Diplomasi Di Tengah Pandemik, KJRI Houston Siap Gelar Virtual Indonesian Festival
KJRI Houston menggelar irtual Indonesian Festival (VIF) 2020/Repro
rmol news logo Pandemik virus corona atau Covid-19 yang saat ini masih menghantui dunia tidak menghentikan langkah Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Houston, Amerika Serikat untuk menjalankan tugas diplomasinya dan mempromosikan Indonesia.

Bekerjasama dengan Indonesian Chamber of Commerce Southeastern Central USA (IACC-SCU), KJRI Houston akan menggelar acara Virtual Indonesian Festival (VIF) 2020 di Houston.

Menurut keterangan dari KJRI Houston yang diterima redaksi (Jumat, 14/8), VIF merupakan ajang promosi perdagangan, pariwisata, investasi, dan budaya Indonesia di 10 negara bagian Amerika Serikat yang merupakan wilayah kerja KJRI Houston yaitu Alabama, Arkansas, Florida, Georgia, Louisiana, New Mexico, Mississippi, Oklahoma, Tennessee dan Texas serta wilayah US Virgin Island dan Puerto Rico.

Kegiatan ini akan diramaikan dengan virtual talks dan bazaar guna memperkenalkan produk dalam negeri dan pertunjukkan tari, musik, peragaan busana, serta kuliner Nusantara kepada masyarakat setempat di dalam dan di luar wilayah kerja KJRI Houston di Amerika Serikat.

Semula festival ini diselenggarakan setiap tahun secara fisik di Houston namun mengingat kondisi yang tidak memungkinkan dengan pandemik Covid-19 saat ini, maka festival diadakan secara virtual.  

Peserta VIF 2020 ini sendiri akan melibatkan kalangan pemerintah yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM. Kalangan pengusaha dari Indonesia dan Amerika Serikat.

Berbagai produk-produk Indonesia yang dipromosikan di VIF ini antara lain, pakaian, item fashion, makanan, kerajinan tangan, layanan dan jasa serta produk lainnya. VIF juga merupakan wadah yang tepat untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yang sedang merintis usaha atau bisnis ke luar negeri maupun pengembangan usaha expor dan impor dengan Amerika Serikat.

Konjen RI Nana Yuliana sampaikan bahwa total volume perdagangan Indonesia-Amerika Serikat selama periode Januari hingga Mei 2020 mencapai 9,66 milyar dolar AS dengan posisi surplus di pihak Indonesia sebesar 4,5 milyar dolar AS.

VIF sendiri rencananya akan dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar dan dimeriahkan oleh budayawan Jaya Suprana yang juga merupakan pianis, Presiden Direktur Jamu Jago dan CEO Museum Rekor Indonesia (MURI). Dia akan menunjukkan permainan pianonya mengiringi tarian yang sangat erat kaitannya dengan nuansa jawa dan jamu yang akan dipromosikan kepada publik Amerika Serikat.

Bukan hanya itu, penyanyi kawakan Indonesia, Vina Panduwinata, Ikang Fawzi, dan musisi James F. Sundah juga akan ikut ambil bagian memeriahkan VIF 2020 ini. Tidak ketinggalan, Chintami Atmanegara juga akan menampilkan busana rancangannya dalam peragaan busana.
 
Festival ini menjadi menarik karena vendor dan pengunjung akan dipertemukan secara borderless alias tidak berbatas waktu dan jarak. Pengunjung Festival diperkirakan sekitar 1.000 viewers akan mengikuti VIF ini melalui Zoom, You Tube dan Facebook live yang bisa diakses melalui akun berikut:

Facebook: @kjrihouston
Facebook: @annualindonesianfestival
Youtube: KJRI Houston
Zoom: https://bit.ly/VirtualIndonesianFestival . rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA