Hadapi Covid-19 Dan Flu Tahunan, Direktur CDC: Amerika Akan Alami Kejatuhan Terburuk

Direktur CDC, Robert Redfield/Net

Lonjakan kasus Covid-19 di Amerika Serikat akan membuat negara itu mengalami kejatuhan terburuk dalam sejarah kesehatan. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) untuk yang kesekian kali telah memberi peringatan untuk mematuhi arahan dari pejabat kesehatan untuk menghentikan serangan virus. Bukan hanya virus corona tetapi juga virus flu tahunan.

Direktur CDC, Robert Redfield, mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 yang dikominasi dengan musim flu tahunan bisa menciptakan membuat semua semakin memburuk.

"Saya meminta Anda untuk melakukan empat hal sederhana, yaitu kenakan masker, menjaga jarak sosial, mencuci tangan, dan hindari kerumuman. Jika Anda melakukan empat hal itu, wabah ini kemungkinan akan turun," kata Redfield dalam  wawancara dengan media, seperti dikutip dari CBS, Jumat (14/8).

"Tapi, jika kita tidak melakukannya, ini bisa menjadi penurunan terburuk dari perspektif kesehatan masyarakat yang pernah kita alami," lanjut Redfield.

"Saya terus memberi tahu orang-orang, bukan kepada beberapa tetapi kepada semua orang Amerika untuk melakukannya, kita semua harus melakukannya. Ini adalah salah satu intervensi yang harus 95, 96, 97, 98, 99 persen jika itu akan berhasil," tegasnya.

Manfaat menggunakan masker secara luas dapat menciptakan kondisi menjadi lebih. "Masker benar-benar berfungsi. Ini sangat penting," katanya.

Amerika Serikat, yang telah menjadi episentrum  krisis virus corona global.

Saat ini ada banyak vaksin Covid-19 potensial yang sedang dikembangkan, tiga di antaranya sudah dalam uji coba Fase 3. Redfield mengatakan dia optimis akan ada lebih dari satu vaksin yang siap digunakan di AS sebelum tahun pertama.

Selain vaksin Covid-19, vaksin untuk flu tahunan juga sangat penting.

"Jika ada satu hal yang bisa kita semua lakukan, selain pentingnya memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan hindari kerumunan, untuk mempersiapkan diri kita pada musim gugur adalah mendapatkan vaksin flu," katanya.  

Meskipun dianggap penyakit umum, tetapi flu juga harus diwaspadai karena bisa menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Kurang dari setengah populasi AS menerima vaksin flu tahun lalu, tetapi Redfield mengatakan tujuannya tahun ini adalah agar 65 persen orang mendapatkan vaksinasi.

Saat ini, CDC mendesak orang untuk mendapatkan vaksinasi flu, tidak hanya untuk melindungi diri mereka sendiri dari penyakit yang berpotensi mematikan itu, tetapi juga untuk melindungi sistem kesehatan Amerika secara umum.

"Kita akan tertular Covid-19 pada musim gugur, dan kita akan terserang flu pada musim gugur. Salah satu saja dari penyakit itu bisa membuat rumah sakit kewalahan. Saya telah melihat unit perawatan intensif rumah sakit terhambat karena musim flu yang parah, dan jelas kita semua telah melihatnya baru-baru ini karena Covid-19.”

CDC bekerja sama dengan banyak perusahaan untuk meningkatkan produksi vaksin flu. Menurut Redfield, hampir 190.000 juta dosis sedang dibuat.
EDITOR: RENI ERINA

Kolom Komentar


Video

BREAKING NEWS: Pasar Cepogo Boyolali Terbakar

Kamis, 17 September 2020
Video

Menguji Erick Thohir dan Jokowi, Kejanggalan Pertamina Gamblang Diurai Ahok

Jumat, 18 September 2020

Artikel Lainnya

Gelar Upacara Rahasia, Alexander Lukashenko Dilantik Jadi Presiden Belarusia
Dunia

Gelar Upacara Rahasia, Alexa..

23 September 2020 18:49
Muhyiddin: Sebelum Pernyataan Anwar Ibrahim Terbukti, Saya PM Malaysia Yang Sah
Dunia

Muhyiddin: Sebelum Pernyataa..

23 September 2020 18:30
Renegosiasi Proyek KF-X/IF-X, Pejabat Korsel Terbang Ke Jakarta
Dunia

Renegosiasi Proyek KF-X/IF-X..

23 September 2020 18:12
Mahathir Mohamad: Dana Pemilu Sabah Lebih Baik Digunakan Untuk Tangani Wabah Covid-19
Dunia

Mahathir Mohamad: Dana Pemil..

23 September 2020 17:44
Anwar Ibrahim Berkoar-koar Bentuk Pemerintahan Baru, Muhyiddin Yassin Masih Adem Ayem
Dunia

Anwar Ibrahim Berkoar-koar B..

23 September 2020 16:52
Mahathir Mohamad: Bukan Kali Pertama Anwar Ibrahim Ingin
Dunia

Mahathir Mohamad: Bukan Kali..

23 September 2020 16:28
Di Sidang PBB Rouhani Kecam AS: Hidup Kami Menjadi Sulit Di Bawah Sanksi, Tapi Lebih Sulit Lagi Jika Tanpa Kemerdekaan
Dunia

Di Sidang PBB Rouhani Kecam ..

23 September 2020 15:28
Wartawan AS Ditemukan Tewas Mencurigakan Dalam Mobil Sewaan Di Turki
Dunia

Wartawan AS Ditemukan Tewas ..

23 September 2020 15:13