Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Aksi Protes Belarus, Aktivis Serbia Desak Vucic Batalkan Pertemuan Dengan Lukashenko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 15 Agustus 2020, 12:37 WIB
Dukung Aksi Protes Belarus, Aktivis Serbia Desak Vucic Batalkan Pertemuan Dengan Lukashenko
Aktivis Serbia yang ikut mendukung protes Belarus atas kemenangan Lukashenko/Net
rmol news logo Para aktivis Serbia's Youth Initiative (YI) meletakkan bunga di luar kedutaan Belarus di Beograd untuk mendukung warga Belarus yang memprotes kemenangan Presiden Alexandr Lukashenko. Aktivis ini turut menyuarakan pandangannya tentang pemerintahan sang petahana.

Mereka mengatakan tidak ada persahabatan dengan Lukashenko karena dia adalah sosok yang lebih memilih mengorbankan nyawa dan kebebasan sipil untuk memerintah selamanya.

YI juga mengatakan bahwa negara-negara demokratis menganggap Belarusia "sebagai kediktatoran terakhir di Eropa," dan mengutuk apa yang mereka katakan sebagai pemilihan yang curang. Kekerasan aparat dalam menindak para pemrotes juga tak luput dari sorotan mereka yang menyebutnya sebagai tindakan brutal.

"Kami malu ketika Presiden (Aleksandar) Vucic mengatakan 'Lukashenko adalah salah satu dari sedikit teman Serbia'!" cetus para aktivis dalam YI itu.

"Persahabatan dalam hidup dan hubungan internasional adalah dibangun di atas nilai-nilai bersama, sementara kami tidak memiliki kesamaan dengan Lukashenko," tambah mereka.

Mereka juga menuntut Vucic dan pemerintahannya untuk membatalkan pertemuan yang dijadwalkan antara Vucic dan Lukashenko dan latihan militer bersama. Sebagai gantinya mereka berharap Vucic bergabung dengan inisiatif internasional di bawah kepemimpinan Uni Eropa untuk menemukan akhir yang demokratis dan damai dari krisis yang disebabkan oleh pemilihan yang dipalsukan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA