Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Merdeka Di Tengah Wabah, KJRI Houston Tetap Gelar Lomba 17-an

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 17 Agustus 2020, 12:59 WIB
Merdeka Di Tengah Wabah, KJRI Houston Tetap Gelar Lomba 17-an
Konjen RI di Houston, DR. Nana Yuliana/RMOL
rmol news logo Situasi sulit akibat pandemik Covid-19 dan dampak sosial ekonominya tidak menyurutkan semangat kemerdekaan bangsa Indonesia, termasuk yang berada di luar negeri.

Semangat kemerdekaan tersebut membuat Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Houston tetap menggelar kegiatan khas pada Hari Ulang Tahun (HUT) RI, yaitu lomba 17 Agustus atau sering disebut 17-an.

Konsul Jenderal (Konjen) Nana Yuliana memaparkan, ada beberapa kegiatan lomba yang dilakukan oleh KJRI baik secara langsung maupun virtual, salah satu di antaranya adalah lomba menggambar.

Mengingat situasi pandemik, Nana mengaku, kegiatan yang diselenggarakan secara langsung akan terbatas dan mereka yang hadir pun harus mengikuti protokol kesehatan.

"Jadi mereka yang masuk KJRI itu diperiksa dulu suhu tubuhnya, kemudian mereka juga harus disemprot handsanitizer, pakai masker, dan jaga jarak," jelasnya dalam diskusi virtual RMOL World View yang digelar pada Senin (17/8).

Sebelum menggelar kegiatan, ia juga mengatakan, seluruh staf KJRI Houston melakukan pengujian Covid-19 dan hasilnya negatif.

Langkah-langkah pencegahan penyebaran virus tersebut dilaksanakan dengan ketat mengingat saat ini terjadi lonjakan kasus Covid-19 di beberapa negara bagian, termasuk Texas.

Bahkan, Nana menyebut, dari empat WNI yang terinfeksi di wilayah kerjanya, sebanyak dua orang berada di Texas, seorang di Georgia, dan lainnya di Florida.

Adapun wilayah kerja dari KJRI Houston terdiri dari 10 negara bagian AS, di antaranya Alabama, Arkansas, Florida, Georgia, Louisiana, New Mexico, Mississippi, Oklahoma, Tennessee dan Texas serta wilayah US Virgin Island dan Puerto Rico.

Selain lomba, KJRI Houston juga menggelar upacara dan festival kebudayaan secara virtual yang menghadirkan berbagai tokoh. Nama kegiatan tersebut adalah Virtual Indonesian Festival 2020.

Festival tersebut di antaranya akan menghadirkan budayawan Jaya Suprana, penyanyi kawakan Indonesia, Vina Panduwinata, Ikang Fawzi, dan musisi James F. Sunda. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA