Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemitraan Strategis, Bukti Persahabatan Indonesia Dan Amerika Serikat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 17 Agustus 2020, 14:58 WIB
Kemitraan Strategis, Bukti Persahabatan Indonesia Dan Amerika Serikat
Indonesia dan Amerika Serikat memiliki kemitraan strategis yang menguatkan hubungan persahabatan kedua negara/Net
rmol news logo Perwakilan negara-negara asing di Indonesia Menyampaikan pesan sukacita atas Hari Perayaan Kemerdekaan Indonesia Ke-75 (Senin, 17/8). Salah satunya datang dari Amerika Serikat.

Melalui video yang diunggah di laman Facebook resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes Amerika Serikat, Heather Variava mengucapkan selamat atas HUT RI ke-75.

"Atas nama pemerintah Amerika Serikat, Kedutaan Besar di Jakarta dan Konsulat di Surabaya, Medan dan Bali. Dengan tulus saya mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia yang tengah merayakan HUT ke-75, Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus," ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa Indonesia dan Amerika Serikat berhasil melalui tantangan global maupun masa-masa yang tenang.

"Kemitraan strategis kami dengan Indonesia membuktikan luasnya persahabatan serta komitmen terhadap nilai-nilai demokrasi," jelasnya.

"Kesamaan landasan demokrasi inilah yang menjadikan kedua negara kita berdiri bersama demi kesejahteraan regional dan global untuk semua," sambung Variava.

"Dirgahayu Republik Indonesia! Merdeka!" ucapnya lagi.

Untuk diketahui, merujuk pada situs resmi Kementerian Luar Negeri RI, hubungan Indonesia dan Amerika Serikat telah terjalin lama sebelum Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945. Sejak awal abad ke-19, sejumlah pedagang Amerika Serikat secara rutin mengunjungi Indonesia yang saat itu merupakan wilayah jajahan Belanda. Amerika Serikat mendirikan pos konsuler pertamanya di Batavia (sekarang Jakarta) pada tanggal 24 November 1801.

Hubungan diplomatik formal antara Indonesia dan Amerika Serikat secara resmi ditandai dengan dibukanya Kedutaan Besar di masing-masing negara. Amerika Serikat membuka Kedutaan Besarnya di Jakarta pada 28 Desember 1949, sedangkan Indonesia membuka Kedutaan Besarnya di Amerika Serikat pada tanggal 20 Februari 1950.

Hubungan bilateral antara Indonesia dan AS memasuki level baru yang lebih tinggi pada tahun 2015. Selama kunjungan Presiden Joko Widodo ke Washington, D.C. pada bulan Oktober 2015, Indonesia dan AS sepakat untuk memperluas dan meningkatkan kerjasamanya menjadi Kemitraan Strategis.

Kemitraan berfokus pada enam bidang kerjasama, yakni kerjasama maritim, kerjasama pertahanan, pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, kerjasama energi, meningkatkan kerjasama dalam masalah global dan regional dan people to people contacts. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA