Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Negeri Kanguru Yakin, Indonesia Bisa Pulih Dari Pandemik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Senin, 17 Agustus 2020, 15:37 WIB
Negeri Kanguru Yakin, Indonesia Bisa Pulih Dari Pandemik
Foto yang diunggah Perdana Menteri Australia Scott Morrison saat dirinya bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dalam sebuah kesempatan/Repro
rmol news logo Negara tetangga, Australia ikut menyambut perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-75 (Senin, 17/8).

Perdana Menteri Australia Scott Morrison melalui akun Twitternya, @ScottMorrison, mengunggah foto dirinya saat bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo dalam sebuah kesempatan.

"Selamat kepada Joko Widodo dan warga Indonesia ata 75 tahun kemerdekaan," tulisnya

Sementara itu, Dutabesar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan melalui akun Twitternya @DubesAustralia, mengunggah pernyataan resmi Morrison di HUT RI Ke-75.

"Sebagai teman dekat dan tetangga, Australia menyampaikan ucapan selamat yang hangat kepada Pemerintah dan masyarakat Indonesia saat Anda merayakan hari kemerdekaan yang ke-75," kata Morrison dalam pernyataannya.

Dia menyebut bahwa perayaan ini adalah tonggak sejarah perjuangan panjang rakyat Indonesia untuk kemerdekaan, yang dengan bangga Australia dukung secara aktif.

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa hubungan persahabatan kedua negara ditopang dengan kunjungan terbaru Jokowi ke Australia pada Februari tahun ini serta pidatonya di Parlemen Australia.

"Tahun ini, menandai 70 tahun hubungan diplomatik formal antara Australia dan Indonesia. Hubungan kita dibangun di atas karya generasi ke generasi di kedua negara, para pemimpin politik, pejabat, pebisnis pelajar dan sukarelawa," jelas Morrison.

Upaya tersebut membuahkan hasil, terbukti dengan terciptanya Traktat Lombok tahun 2006 dan deklarasi Kemitraan Strategis Komprehensif kita pada 2018.

"Ini adalah koitmen untuk memperdalam kerjasama bilateral dan memajukan nilai-nilai bersama di kawasan kita yang kami amankan secara strategis, stabil secara ekonomi dan berdaulat secara politik," sambungnya.

Bukan hanya itu, pada tahun 2020 ini, kedua negara juga meratifikasi Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia yang meningkatkan jalinan perdagangan, investasi dan bisnis.

"Upaya-upaya ini telah menjalin sebuah hubungan yang tidak hanya penting bagi kedua negara kita, tetapi juga untuk tetangga ASEAN dan kawasan Indo-Pasifik kita yang lebih luas," jelas Morrison dalam pernyataan yang sama.

Dengan kemitraan panjang dan dinamis ini, dia mengaku yakin bahwa Indonesia dan Australia mampu bekerjasama mengatasi dampak kesehatan, sosial dan ekonomi dari pandemik Covid-19.

"Sama seperti kita telah saling membantu dalam menghadapi bencana alam baru-baru ini, demikian pula kita akan berjuang bersama untuk membangun kembali dan pulih dari tantangan global ini," demikian Morrison. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA