Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Digelar Terbatas, Upacara HUT RI ke-75 Di KBRI Moskow Juga Diikuti Staf Asing

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 17 Agustus 2020, 15:54 WIB
Digelar Terbatas, Upacara HUT RI ke-75 Di KBRI Moskow Juga Diikuti Staf Asing
Upacara peringatan HUT RI ke-75 di KBRI Moskow, Rusia, pada Senin, 17 Agustus 2020/ist
rmol news logo Upacara pengibaran bendera Merah Putih untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-75 bukan hanya dilakukan di dalam negeri. Para perwakilan RI di luar negeri juga melaksanakan upacara yang serupa.

Digelar secara sederhana, singkat, dan terbatas, upacara peringatan HUT RI di Kedutaan Besar RI di Moskow pada Senin (17/8) tetap berlangsung khidmat. Upacara dilakukan sesuai dengan arahan Istana Negara dengan memperhatikan protokol kesehatan otoritas setempat.

Upacara dipimpin oleh Wakil Dutabesar RI sekaligus Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Moskow, Azis Nurwahyudi dengan komandan upacara, Kolonet Laut (S) Ariyan Dilli Louhenapessy.

Acara pokok pada upacara tersebut adalah detik-detik proklamasi, pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI, dan pengibaran bendera Merah Putih. Ada tiga orang pelajar Indonesia di Rusia yang sigap menjadi petugas pengibar bendera, yaitu Luthfi Adhitama, Angeline Putri Louhenapessy, dan Arya Khalistama.

Dalam keterangannya, Aziz mengatakan, upacara HUT RI tahun ini dilaksanakan secara terbatas karena pandemik Covid-19. Hanya staf KBRI Moskow yang terdiri dari WNI, WNA Rusia, dan pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) diperbolehkan untuk berpartisipasi.

Sementara itu para WNI dan mahasiswa lain bisa menonton siaran secara daring melalui media sosial KBRI Moskow. Langkah ini diambil setelah adanya imbauan dari pihak otoritas setempat.

“Pelaksanaan peringatan tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena dalam situasi pandemik Covid-19. Tidak ada acara temu masyarakat dan panggung hiburan bersama,” ujar Azis.

Meski begitu, selain upacara pengibaran bendera, para staf KBRI Moskow juga mengikuti berbagai lomba baik secara langsung maupun virtual. Beberapa lomba yang dilaksanakan secara langsung adalah gaple, joged Poco-Poco, catur, tenis meja, bola voli, dan lainnya.

Sementara lomba virtual untuk WNI di Rusia dan Belarus adalah membuat vlog bertema nasionalisme dan Indonesia Maju.

Menurut salah seorang staf KBRI Moskow yang merupakan WN Rusia, Elizaveta Vedutova, ia telah mengikuti upacar peringatan HUT RI sejak pertama kali bekerja 16 tahun lalu.

"Dirgahayu Republik Indonesia," kata Elizaveta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA