Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Walau Hujan, KBRI Budapest Tetap Semangat Rayakan Peringatan HUT RI Ke-75 Dengan Pakaian Adat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Agustus 2020, 12:07 WIB
Walau Hujan, KBRI Budapest Tetap Semangat Rayakan Peringatan HUT RI Ke-75 Dengan Pakaian Adat
KBRI Budapest rayakan peringatan HUT RI ke-75/KBRI Budapest
rmol news logo Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest ikut memeriahkan HUT RI ke-75 dengan mengundang masyarakat dan diaspora Indonesia. Tahun ini peringatan sedikit berbeda dibanding tahun sebelumnya karena adanya pandemik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Upacara perayaan dilakukan dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan dan semua peserta diwajibkan menggunakan masker selama kegiatan berlangsung.

Duta Besar RI untuk Hongaria, Dimas Wahab, menyerukan orang-orang Indonesia yang ada di negara itu untuk tetap merapatkan barisan dalam situasi yang memprihatinkan ini dan berjuang bersama di tengah wabah virus corona.

"Dalam situasi sulit saat ini, kita harus lebih merapatkan barisan kita kembali untuk dapat mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia melalui kiprah nyata, membantu saudara-saudara kita di tanah air yang terkena dampak Covid-19,” ujar Dimas Wahab dalam sambutannya pada upacara peringatan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI di halaman KBRI Budapest, Senin (17/8).

Dari rilis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Hongaria merupakan salah satu dari sedikit negara yang berhasil menekan laju penyebaran Covid-19. Sehingga pemerintah Hongaria mengijinkan berkumpulnya massa untuk acara publik dengan maksimum 500 orang, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.  

Hujan lebat membuat kegiatan upacara dilakukan di dalam ruangan. Ketika hujan reda, upacara dilanjutkan dengan kenaikan bendera secara terpisah di lapangan terbuka.

Upacara dilakukan secara sederhana akan tetapi penuh khidmat. Pesta rakyat yang biasanya meriah kini diubah menjadi perlombaan virtual dengan berbagai  kompetisi video ucapan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dan kegiatan kuis online berhadiah.

Media sosial kini menjadi sarana utama berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan warga masyarakat sejak Covid 19.

”Kami senang akhirnya bisa melepas rindu dengan masyarakat Indonesia di Hongaria. Meskipun tidak sebanyak tahun lalu tapi akhirnya bisa berkumpul bersama setelah masa pembatasan pergerakan di Hongaria” ujar salah seorang WNI di Hongaria.

Upacara HUT ke-75 RI di Hongaria berlangsung semarak dengan semua staf KBRI dan ITPC menggunakan pakaian daerah sebagai bagian dari promosi budaya Indonesia di Hongaria.

Saat ini jumlah masyarakat Indonesia di Hongaria sebanyak 300 orang akibat Covid-19 sebanyak 200 orang para pekerja migran Indonesia telah kembali ke tanah air.

Di akhir kegiatan, semua peserta upacara diminta untuk berdoa sesuai agama dan keyakinannya masing-masing bagi Indonesia dan seluruh jajaran pemerintah dan garda terdepan penanganan Covid 19 agar Indonesia kembali bangkit dan berjaya.  Merdeka! rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA