Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tersinggung Dengan Komentar Trump, PM Jacinda Ardern: Kasus Covid-19 Selandia Baru Tak Sebanding Dengan AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 18 Agustus 2020, 14:02 WIB
Tersinggung Dengan Komentar Trump, PM Jacinda Ardern: Kasus Covid-19 Selandia Baru Tak Sebanding Dengan AS
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern/Net
rmol news logo Pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengenai lonjakan kasus Covid-19 merupakan informasi yang salah dan tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

Ketika melakukan kampanye di Minnesota pada Senin (17/8), Trump mengatakan kepada para pendukungnya, Selandia Baru yang dianggap telah berhasil mengalahkan virus saat ini mengalami "lonjakan besar" kasus Covid-19 yang "mengerikan".

"Kalian lihat apa yang terjadi di Selandia Baru? Mereka mengalahkannya (virus corona). Mereka mengalahkannya karena mereka ingin menunjukkan sesuatu kepada saya," ujar Trump.

"Masalahnya adalah, lonjakan besar terjadi di Selandia Baru. Anda tahu itu mengerikan. Kita tidak menginginkan itu," sambungnya seperti dikutip Reuters.

Mendengar pernyataan tersebut, Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern merasa kesal. Lantaran apa yang disampaikan Donald Trump tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

"Saya pikir siapa pun yang mengikuti perkembangan Covid dan penularannya secara global akan dengan mudah melihat bahwa sembilan kasus Selandia Baru dalam sehari tidak sebanding dengan puluhan ribu di Amerika Serikat," ujar Ardern pada Selasa (18/8).

"Jelas itu salah," tekannya merujuk pada pernyataan Trump.

"Kami masih menjadi salah satu negara dengan kinerja terbaik di dunia dalam hal penanganan Covid dan kami fokus untuk tetap seperti itu," imbuhnya.

Berdasarkan data, Selandia Baru melaporkan 13 kasus baru Covid-19 pada Selasa sehingga totalnya menjadi 1.293 infeksi dengan 22 kematian. Sementara AS memiliki lebih dari 5,4 juta kasus Covid-19 dengan lebih dari 170 ribu kematian.

Berdasarkan tingkat kematian per 100 ribu orang, Selandia Baru memiliki angka 0,44 yang artinya salah satu terendah di dunia. Sedangkan AS memiliki angka kematian 5,21 per 100 ribu orang, salah satu tertinggi di dunia.

Baru-baru ini, Selandia Baru mendapatkan transmisi lokal baru setelah sekitar 100 hari melaporkan nol kasus Covid-19.

Akibat munculnya transmisi lokal, Ardern telah mengumumkan penundaan pemilihan umum yang dijadwalkan pada pertengahan Oktober. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA