Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dukung Aksi Protes Anti-Pemerintah, Dubes Belarusia Mundur

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 18 Agustus 2020, 14:34 WIB
Dukung Aksi Protes Anti-Pemerintah, Dubes Belarusia Mundur
Aksi protes di Belarusia/Net
rmol news logo Dutabesar Belarusia untuk Slovakia, Igor Leschenya mengaku telah mengajukan pengunduran dirinya kepada Kementerian Luar Negeri setelah mendukung aksi unjuk rasa besar-besaran di negaranya.

Kendati begitu, Sputnik melaporkan, Kementerian Luar Negeri Belarusia belum memberikan keputusan terkait pengunduran diri Leschenya sejauh ini.

"Saya benar-benar telah mengajukan pengunduran diri. Ini adalah langkah logis sejak saya diangkat menjadi dutabesar oleh penjabat presiden dan diharapkan untuk mengejar kebijakan yang dia tetapkan," ujar Leschenya.

"Kementerian Luar Negeri percaya bahwa pendirian sipil saya, yang saya ungkapkan dalam pernyataan, berada di luar kerangka itu," sambungnya.

Pada akhir pekan ini, Leschenya mengunggah bideo pidato di YouTube. Ia mengaku terkejut dengan kekerasan yang dialami pengunjuk rasa dan menyatakan solidaritasnya dengan mereka yang turun ke jalan.

Leschenya juga berharap pendapat dari kekuatan politik yang berbeda di Belarusia akan dipertimbangkan.

Aksi protes besar-besaran di Belarusia meletus untuk menolak hasil pemilihan presiden pada 9 Agustus 2020 yang memenangkan petahana, presiden Alexander Lukashenko.

Lukashenko sendiri dinyatakan menang telak dengan lebih dari 80 persen suara untuk masa jabatannya yang keenam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA