Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tolak Normalisasi Israel-UEA, Pakistan: Mengakui Israel Sama Dengan Menyerahkan Kashmir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 19 Agustus 2020, 12:46 WIB
Tolak Normalisasi Israel-UEA, Pakistan: Mengakui Israel Sama Dengan Menyerahkan Kashmir
Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan/Net
rmol news logo Perdana Menteri Imran Khan menegaskan, Pakistan tidak mengakui normalisasi hubungan Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) karena Islamabad tidak pernah mengakui Israel sebagai sebuah negara.

Khan mengatakan, selama masalah Palestina belum terselesaikan, Pakistan tidak akan mengakui Israel sampai kapan pun.

"Pendirian kami tentang Israel sangat jelas, Ini sama dengan yang dimiliki oleh pendiri bangsa, Quaid-I-Azam," ujar Khan dalam wawancara dengan Dunya News pada Selasa (18/8), merujuk pada bapak pendiri bangsa Pakistan, Mohammad Ali Jinnah yang berulang kali menyatakan dukungan untuk Palestina.

"Jika kita mengakui Israel, maka kita harus menyerahkan Kashmir juga. Kedua masalah itu memiiki latar belakang yang sama," sambungnya, seperti dikutip Anadolu Agency.

Pekan lalu, tepatnya Kamis (13/8), Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump mengumumkan kesepakatan damai dan normalisasi hubungan antara Israel dan UEA.

Dengan kesepakatan tersebut, UEA menjadi negara Timur Tengah ketiga yang melakukan normalisasi hubungan dengan Israel, setelah Mesir dan Yordania.

Melalui kesepakatan tersebut juga, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan, rencana aneksasi Tepi Barat akan ditangguhkan untuk batas waktu yang tidak ditentukan.

Berbagai negara, terutama Palestina dan Iran mengutuk normalisasi tersebut. Iran bahkan mengatakan, UEA telah membuat kesalahan yang besar dengan mengkhianati rakyat dan perjuangan bangsa Palestina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA