Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Tak Harmonis Dubes Inggris Untuk China Harap Saluran Komunikasi Kedua Negara Tetap Terbuka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 20 Agustus 2020, 06:38 WIB
Meski Tak Harmonis Dubes Inggris Untuk China Harap Saluran Komunikasi Kedua Negara Tetap Terbuka
Duta besar Inggris untuk China, Barbara Woodward/Net
rmol news logo Duta besar Inggris untuk China, Barbara Woodward, ikut angkat bicara terkait hubungan yang terganggu antara negaranya dengan Tiongkok karena meningkatnya perselisihan tentang sejumlah topik termasuk Hong Kong, Xinjiang, dan Huawei.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Woodhard mengatakan yang dibutuhkan saat ini bukanlah perbedaan melainkan peningkatan konsensus antara keduanya.

Utusan Inggris yang akan menyelesaikan masa jabatannya sebagai duta besar dan meninggalkan Beijing pada akhir Agustus itu berharap saluran komunikasi tetap terbuka. Dia juga mengatakan bahwa kemerdekaan bukanlah solusi bagi Hong Kong.

Namun, ketika ditanya tentang bagaimana menanggapi tindakan Inggris dalam menantang pemerintah China tentang masalah Hong Kong -termasuk menampung para separatis yang melarikan diri seperti Nathan Law Kwun-Chung dan Sunny Cheung- Woodward tidak secara langsung menanggapinya.

Seperti diketahui selama ini Inggris menjadi tuan rumah bagi pendukung kemerdekaan Hong Kong. Duta Besar China untuk Inggris Liu Xiaoming baru-baru ini memperingatkan bahwa menyembunyikan apa yang disebut 'parlemen dalam pengasingan' di Inggris akan menimbulkan hambatan baru dan berat bagi hubungan bilateral kedua negara.

Woodward menekankan kepercayaan dan pengertian menjadi sangat penting dalam membangun hubungan bilateral yang kuat, sambil menghindari penjelasan lebih lanjut tentang apakah Inggris akan menjadi tempat yang aman bagi para separatis Hong Kong yang diincar oleh otoritas penegak hukum setempat.

Sementara melihat lebih banyak perbedaan yang telah menyebabkan memburuknya hubungan bilateral antara Inggris dan China, duta besar mengklarifikasi bahwa penting untuk menekankan area yang disepakati Inggris dan China.

"Pertama, kami setuju bahwa kami menyerahkan [Hong Kong] kembali ke China pada tahun 1997, dan kedua, kami setuju bahwa kemerdekaan bukanlah solusi bagi Hong Kong. Ketiga, 'satu negara, dua sistem' adalah sistem pemerintahan yang baik untuk Hong Kong," jelasnya seperti dikutip dari GT, Rabu (19/8).

Woodward mengatakan pemerintah Inggris mengutuk kekerasan dalam bentuk apa pun, yang telah dilakukan secara terbuka. Dan bahwa Inggris dan China menginginkan kemakmuran dan stabilitas di Hong Kong.

Hubungan bilateral antara Inggris dan China telah memburuk akhir-akhir ini karena pihak China menganggap tindakan yang dilakukan oleh Inggris dalam masalah ini sebagai 'campur tangan terang-terangan' dalam urusan dalam negerinya.

Langkah-langkah ini termasuk penangguhan perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong sebagai penentangan terhadap undang-undang keamanan nasional yang baru-baru ini diberlakukan untuk Hong Kong, serta perpanjangan embargo senjata dari yang diterapkan ke daratan Tiongkok ke Hong Kong.

Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, baru-baru ini menyatakan keprihatinan besar atas penundaan pemilihan Dewan Legislatif Hong Kong dan mendiskualifikasi beberapa kandidat, setelah dia mengumumkan visa baru untuk pemegang paspor Luar Negeri Inggris Nasional Hong Kong. Langkah-langkah ini merupakan sejumlah ucapan dan perbuatan salah pihak Inggris yang merusak hubungan Inggris-China.

"Perhatian kami adalah bahwa hukum keamanan nasional [untuk Hong Kong] telah merusak otonomi tingkat tinggi [Hong Kong]," kata Woodward.

Bidang-bidang di mana kedua belah pihak sepakat, menurutnya adalah dasar bagi Inggris untuk melanjutkan diskusi tentang bidang-bidang yang tidak mereka sepakati, katanya.

Ketegangan antara kedua negara semakin memanas menyusul keputusan Inggris untuk melarang Huawei dari jaringan 5G-nya. Setelah Inggris mengumumkan keputusannya, ia dikritik karena mengikuti irama kebijakan luar negeri Amerika. Namun, duta besar Inggris berpendapat bahwa Inggris tetap merupakan pasar terbuka dan sangat menyambut investasi China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA