Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terima Mandat Partai Demokrat, Kamala Harris Resmi Jadi Cawapres AS 2020

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 20 Agustus 2020, 11:47 WIB
Terima Mandat Partai Demokrat, Kamala Harris Resmi Jadi Cawapres AS 2020
Calon Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Kamala Harris/Net
rmol news logo Senator dari California, Kamala Harris akhirnya resmi menjadi calon Wakil Presiden (cawapres) Amerika Serikat (AS), mendampingi Joe Biden dari Partai Demokrat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Rabu (19/8) atau Hari Ketiga Konvensi Nasional Partai Demokrat menjadi sejarah baru dalam politik AS. Harris menjadi perempuan kulit hitam dan keturunan Asia pertama yang mendapatkan mandat untuk bisa sampai ke Gedung Putih.

Dalam pidatonya, ia menggemakan pernyataan para pendahulu, mulai dari Barack Obama hingga Hillary Clinton. Ia mengatakan, Presiden Donald Trump sebagai pertahana adalah pemimpinan yang gagal.

Menurutnya, Trump membuat tragedi menjadi senjata politik. Sehingga, warga AS harus memilih Biden yang dapat menyatukan semua orang.

"Kegagalan kepemimpinan Donald Trump telah merenggut nyawa dan mata pencaharian," dakwa mantan jaksa California itu dalam pidato penerimaannya, mengutip AFP.

"Kita berada di titik perubahan," tegasnya.

Sebelum Harris menyampaikan pidatonya, presiden kulit hitam pertama AS, Barack Obama, menyatakan kecamannya sendiri terhadap Trump.

Obama mengatakan, ketika ia menyerahkan Gedung Putih kepada Trump pada 2017, ia berpikir Partai Republik akan bekerja dengan serius dan merawat demokrasi Amerika yang telah dilestarikan sejak lama.

"Tapi dia tidak pernah melakukannya," ujar Obama.

"Amerika tidak terkendali, reputasi negeri kebanggaan kita di seluruh dunia menurun drastis, dan lembaga demokrasi kita terancam tidak seperti sebelumnya," tambahnya.

Setelah Harris, biden akan memberikan pidato penerimaannya pada Kamis (20/8), sekaligus penutup Konvensi Nasional Partai Demokrat yang telah digelar sejak Senin (17/8) dan diadakan sepenuhnya secara virtual serta melalui siaran televisi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA