Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mesin Kapal Rusak Puluhan Migran Tenggelam Dan Hilang Di Laut Mediterania

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 20 Agustus 2020, 12:13 WIB
Mesin Kapal Rusak Puluhan Migran Tenggelam Dan Hilang Di Laut Mediterania
Ilustrasi/Net
rmol news logo Puluhan migran yang menuju Eropa menjadi korban saat kapal yang mereka tumpangi terbalik di Laut Mediterania, PBB melaporkan sedikitnya ada 45 orang dinyatakan tenggelam atau hilang dan diduga tewas pada Rabu (19/8).

Menurut pernyataan bersama yang dikeluarkan oleh Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM) dan badan pengungsi PBB UNHCR mengatakan, sebanyak 37 orang yang selamat, kebanyakan dari Senegal, Mali, Chad dan Ghana. Mereka diselamatkan oleh nelayan lokal dan kemudian ditahan oleh pejabat Libya di darat.

"Korban selamat melaporkan, 45 orang termasuk lima anak-anak, tenggelam di lepas pantai kota barat Zuwara," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari AA, Rabu (19/8).

"Insiden terbaliknya kapal yang menandai jumlah kematian terbesar dalam satu kapal karam di lepas pantai negara Afrika Utara tahun ini terjadi Senin ketika mesin meledak," kata pejabat PBB seraya menambahkan ada 82 penumpang yang berada dalam kapal yang karam itu.

Alarm Phone, sebuah kelompok pendukung independen untuk para migran yang menyeberangi Mediterania, mengatakan pihaknya menerima telepon pada Sabtu dari seseorang yang berada di kapal migran yang terdengar panik dan berteriak bahwa penumpang akan segera meninggal.

Kelompok itu mengatakan para migran yang di antara mereka ada lima wanita dengan dua di antaranya sedang hamil mengatakan mesin perahu tiba-tiba berhenti bekerja dan mereka tidak punya makanan atau air, kata kelompok itu. Alarm Phone mengatakan pihaknya memberi tahu otoritas Libya, Malta, Italia dan Tunisia dan memberi mereka rincian yang relevan di kapal.

Tidak segera jelas apakah ini adalah kapal yang sama yang terbalik di Zuwara. Alarm Phone mengatakan terakhir kali kontak dengan kapal itu pada Sabtu malam.

"Kami mendesak negara untuk segera menanggapi insiden ini. Penundaan yang tercatat dalam beberapa bulan terakhir, dan kegagalan untuk membantu, tidak dapat diterima dan menempatkan nyawa pada risiko yang dapat dihindari," kata badan-badan PBB.

Bangkai kapal itu adalah bencana laut terbaru yang melibatkan para migran yang mencari kehidupan yang lebih baik di Eropa. Pada bulan Juni, belasan orang hilang dan dikhawatirkan tenggelam di lepas pantai kota pesisir Zawiya, sekitar 48 kilometer (30 mil) barat ibu kota Tripoli.

Libya, yang mengalami kekacauan setelah pemberontakan tahun 2011 yang menggulingkan dan membunuh diktator lama Moammar Gadhafi, telah muncul sebagai titik transit utama bagi para migran Afrika dan Arab yang melarikan diri dari perang dan kemiskinan ke Eropa.

Kebanyakan migran melakukan perjalanan berbahaya dengan perahu karet yang tidak lengkap dan tidak aman. IOM mengatakan pada bulan Maret bahwa perkiraan korban tewas di antara para migran yang mencoba menyeberangi Mediterania melewati 'tonggak sejarah yang suram' yaitu 20 ribu kematian sejak 2014.

UNHCR dan IOM mengatakan bahwa lebih dari 7.000 migran dicegat oleh penjaga pantai Libya dan kembali ke Libya sepanjang tahun ini, dan setidaknya 302 migran dan pengungsi telah tewas sejak awal tahun 2020.

Dalam beberapa tahun terakhir, Uni Eropa telah bermitra dengan penjaga pantai dan pasukan Libya lainnya untuk menghentikan arus migran.

Kelompok-kelompok hak asasi mengatakan upaya itu membuat para migran bergantung pada kelompok bersenjata yang brutal atau terkurung di pusat penahanan yang jorok dan penuh sesak yang kekurangan makanan dan air.

Awal tahun ini Uni Eropa setuju untuk mengakhiri operasi penyelundup anti-migran yang hanya melibatkan pesawat pengintai dan sebagai gantinya mereka mengerahkan kapal militer untuk berkonsentrasi menegakkan embargo senjata PBB yang dilanggar secara luas yang dianggap sebagai kunci untuk meredakan perang tanpa henti Libya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA