Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bebas Corona, Warga Beijing Sudah Tak Wajib Pakai Masker

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 21 Agustus 2020, 13:48 WIB
Bebas Corona, Warga Beijing Sudah Tak Wajib Pakai Masker
Beberapa warga Beijing masih mengenakan masker, dan lainnya sudah berani melepas/Net
rmol news logo Warga ibukota China, Beijing sudah tidak diharuskan lagi menggunakan masker di luar ruangan setelah hampir dua pekan melaporkan nol kasus baru setiap harinya.

Otoritas kesehatan Beijing saat ini mulai melonggarkan aturan pencegahan penyebaran virus dengan menghapus syarat wajib masker bagi warganya.

Meski aturan dicabut, dari pantauan Reuters pada Jumat (21/8), sebagian besar warga masih mengenakan masker.

Beberapa mengatakan masker membuat mereka merasa aman, sementara yang lain mengatakan tekanan sosial untuk memakai masker juga menjadi faktor penyebabnya.

"Saya rasa saya bisa melepas masker saya kapan saja, tapi saya perlu melihat apakah orang lain menerimanya. Karena saya takut orang-orang akan takut jika mereka melihat saya tidak memakai masker,” ujar seorang perempuan berusia 24 tahun bermarga Cao.

Pencabutan aturan penggunaan masker di Beijing bukan kali pertama terjadi. Pada akhir April, Pusat Pengendalian Penyakit Kota Beijing mencabut aturan masker untuk pertama kalinya setelah wabah dimulai.

Aturan kemudian diberlakukan kembali pada Juni setelah muncul wabah di sebuah pasar di Beijing.

Dalam lima hari terakhir, secara berturut-turut, China sudah melaporkan nol transmisi lokal. Otoritas juga berhasil mengendalikan wabah di Xinjiang yang sebelumnya melonjak. Hanya, pada Kamis (20/8), pihak berwenang melaporkan 22 kasus impor. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA