Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rusia Izinkan Kritikus Alexei Navalny Dirawat Di Jerman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 22 Agustus 2020, 11:05 WIB
Rusia Izinkan Kritikus Alexei Navalny Dirawat Di Jerman
Alexei Navalny dalam keadaan koma dilarikan ke Jerman/Net
rmol news logo Kremlin akhirnya mengizinkan politisi oposisi Rusia, Alexei Navalny, yang kini tengah terbaring koma, dibawa ke Jerman untuk menjalani pengobatan di rumah sakit di negara itu.

Juru bicara  Navalny, Kira Yarmysh, mengatakan di akun twitter pribadinya bahwa Navalny telah ditempatkan di pesawat yang akan membawanya ke Jerman pada Sabtu pagi (22/8) waktu setempat.

Para staf Navalny mengatakan mereka yakin dia diracun, setelah meminum secangkir teh di bandara, meskipun dokter Rusia mengatakan hasil tes tidak menunjukkan jejak racun apa pun.

Dokter yang merawatnya di Omsk awalnya menolak untuk membiarkan Navalny pergi tetapi berbalik arah setelah keluarga dan stafnya menuntut dia diizinkan untuk melakukan perjalanan ke Jerman.

“Kehidupan Navalny tidak dalam bahaya. Dia memang dalam keadaan koma, tetapi otaknya dalam kondisi stabil,” kata staf medis di sebuah rumah sakit di kota Omsk di Siberia, seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (22/8).

Navalny dikirim ke bandara Omsk dengan ambulans dan pesawatnya lepas landas dua jam kemudian, kata seorang saksi mata Reuters. Kira Yarmysh, juru bicara Navalny, mengatakan istrinya Yulia juga ikut serta dalam pesawat tersebut.

“Perjuangan untuk hidup dan kesehatan Alexei baru saja dimulai dan jalan masih panjang, tapi setidaknya langkah pertama telah diambil,” tulis Yarmysh di Twitter.

Navalny, penentang lama Presiden Vladimir Putin dan juru kampanye yang gigih melawan korupsi pingsan di pesawat pada hari Kamis (20/8) setelah minum teh yang diyakini sekutunya mengandung racun.

Dokter Jerman terbang untuk mengevakuasi Navalny (44) atas permintaan istri dan sekutunya yang mengatakan mereka takut pihak berwenang akan mencoba menutupi petunjuk tentang bagaimana dia jatuh sakit dan bahwa rumah sakit yang merawatnya dilengkapi peralatan yang buruk.

Staf medis di rumah sakit Omsk awalnya mengatakan pada hari Jumat bahwa sementara kondisi Navalny sedikit membaik dalam semalam, dia berada dalam keadaan yang terlalu tidak stabil untuk diangkut dengan aman ke luar negeri.

Tetapi pada Jumat malam (21/8) mereka mengatakan mereka tidak keberatan kalau Navalny harus dipindahkan setelah dokter Jerman diberi akses untuk memeriksa dan mengatakan mereka pikir dia sehat untuk bepergian.

Seorang dokter senior di rumah sakit, Anatoly Kalinichenko mengatakan rumah sakit dapat membantu mengangkut Navalny ke bandara dan dia akan dipindahkan dalam beberapa jam.

"Kami telah mengambil keputusan bahwa kami tidak keberatan dia dipindahkan ke rumah sakit lain," kata Kalinichenko.

Istri Navalny, Yulia, sebelumnya mengirim surat ke Kremlin yang secara langsung memintanya untuk campur tangan dan memberikan izin kepadanya untuk diizinkan terbang keluar.

“Sangat disayangkan butuh waktu lama bagi para dokter untuk membuat keputusan ini. Pesawat sudah menunggu sejak pagi, dokumennya juga sudah siap, ”kata Yarmysh, jubir Navalny.

Alexander Murakhovsky, kepala dokter di rumah sakit tersebut, sebelumnya mengatakan bahwa Navalny telah didiagnosis dengan penyakit metabolik yang mungkin disebabkan oleh gula darah rendah. Dia mengatakan jejak bahan kimia industri telah ditemukan di pakaian dan jari Navalny dan dokter tidak percaya dia telah diracuni.

Navalny telah menjadi duri di pihak Kremlin selama lebih dari satu dekade, mengungkap apa yang dia katakan sebagai korupsi tingkat tinggi dan memobilisasi kerumunan pengunjuk rasa muda. Dia telah berulang kali ditahan karena mengatur pertemuan publik serta aksi unjuk rasa dan dituntut atas penyelidikannya terhadap korupsi. Dia juga dilarang mencalonkan diri dalam pemilihan presiden pada 2018.

Navalny jatuh sakit saat terbang kembali ke Moskow dari kota Tomsk di Siberia tempatnya bertemu dengan sekutu menjelang pemilihan daerah bulan depan. Dia dibawa dengan tandu dan tidak bergerak, dari pesawat dan dilarikan ke rumah sakit setelah melakukan pendaratan darurat di Omsk. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA