Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pantai Gading Larang Mantan Presiden Laurent Gbagbo Dan Mantan Pemimpin Pemberontak Guillaume Soro Ikut Pilpres 2020

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 22 Agustus 2020, 16:36 WIB
Pantai Gading Larang Mantan Presiden Laurent Gbagbo Dan Mantan Pemimpin Pemberontak Guillaume Soro Ikut Pilpres  2020
mantan Presiden Laurent Gbagbo /Net
rmol news logo Otoritas pemilihan Pantai Gading menolak permohonan mantan Presiden Laurent Gbagbo dan mantan pemimpin pemberontak Guillaume Soro untuk diizinkan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden yang akan berlangsung Oktober mendatang.

Menanggapi keputusan tersebut Gbagbo dan Soro telah mengajukan banding ke Komisi Pemilihan Independen (CEI).

"Keputusan telah diumumkan sejak tanggal 18, CEI belum mengabulkan permintaan mereka," Inza Kigbafori, manajer komunikasi CEI, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (22/8).

Mantan Presiden Gbagbo dibebaskan secara bersyarat oleh Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) setelah dia dibebaskan pada tahun 2019 terkait kejahatan terhadap kemanusiaan. Kepulangannya ke Pantai Gading akan menjadi sensitif sebelum pemilihan presiden. Partai Front Populer Pantai Gading (FPI) mendesaknya untuk ikut campur dalam pemilihan umum.

Sementara itu Soro, mantan pemimpin pemberontak, telah dipaksa mengasingkan diri di Prancis karena banyaknya masalah hukum di dalam negeri.

Dia adalah seorang pemimpin dalam pemberontakan tahun 2002. Soro juga pernah menjadi sekutu Ouattara, membantunya untuk berkuasa selama krisis pasca pemilu tahun 2010. Namun keduanya akhirnya berselisih.

Sementara keputusan Presiden Alassane Ouattara untuk mengikuti pemilihan untuk masa jabatan ketiga pada Oktober mendatang telah memicu kemarahan di antara kelompok oposisi dan masyarakat sipil, yang menyebutnya sebagai 'kudeta' yang berisiko memicu kekacauan.

Ouattara, yang berkuasa sejak 2010, telah mengatakan pada Maret lalu bahwa dia tidak akan mencalonkan diri kembali. Pihak oposisi juga mengatakan dia tidak dapat mencalonkan diri karena konstitusi membatasi presiden hanya untuk dua periode.

Namun, Ouattara mengubah keputusannya setelah kematian mendadak Perdana Menteri Amadou Gon Coulibaly akibat serangan jantung pada bulan Juli. Awalnya Colibaly dipandang sebagai penerus potensial Ouattara.

Berita mengejutkan itu meningkatkan ketegangan jelang pemungutan suara yang akan berlangsung pada 31 Oktober mendatang. Sebuah pemilihan yang terjadi di bawah bayang-bayang kekerasan setelah pemilu 2010 yang menewaskan sekitar 3.000 orang.

Pantai Gading (Cote d'Ivoire) adalah sebuah negara di Afrika Barat yang berbatasan dengan Liberia, Gunea, Mali, Burkina Faso, dan Ghan di sebelah barat, utara dan timur serta dengan Teluk Guinea di sebelah selatan.

Sebagai salah satu negara termakmur di wilayah tropis Afrika Barat, perkembangan ekonominya telah dikikis oleh kekacauan politik yang ditimbulkan oleh korupsi dan penolakan reformasi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA