Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalam Sepekan, Api Hanguskan Satu Juta Hektar Lahan Di California

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 23 Agustus 2020, 12:03 WIB
Dalam Sepekan, Api Hanguskan Satu Juta Hektar Lahan Di California
Kebakaran hutan dan lahan di California/Net
rmol news logo Hanya dalam kurun waktu satu pekan, api telah membakar hutan hingga rumah-rumah warga di California, Amerika Serikat (AS), yang luasnya hampir mencapai satu juta hektar.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Situasi saat ini bahkan diprediksi akan memburuk mengingat cuaca yang kering dan hembusan angin yang tidak menentu. Sehingga pada Sabtu (22/8), Presiden Donald Trump mengeluarkan deklarasi bencana besar untuk memberikan bantuan federal.

Dengan deklarasi tersebut, Gubernur Gavin Newsom mengatakan, pemerintah bisa membantu warga yang terkena dampak kebakaran.

Dua titik kebakaran paling luas berada di Wilayah Teluk San Francisco. Itu menjadi kebakaran hutan terbesar kedua dan ketiga dalam sejarah negara bagian dan menjadi yang paling lama bertahan.

"Yang terburuk tidak ada di belakang kita, Kami berada dalam ritme pertempuran," cuit Kepala Departemen Kehutanan dan Pelindungan Kebakaran California, Thom Porter.

Kerusakan besar sendiri berasal dari tiga kompleks api-api kecil yang membakar hutan dan daerah pedesaan di Wilayah Teluk San Francisco dan wilayah bagian utara. Api-api di sana sudah menghanguskan 2.700 kilometer persegi lahan.

Selain itu, titik kebakaran juga berada di Pegunungan Santa Cruz dan sepanjang pantai Kabupaten San Mateo, selatan San Francisco. Di sana, kebakaran sudah menelan lima orang korban jiwa, membakar hampir 700 rumah dan bangunan, serta memaksa puluhan ribu orang mengungsi.

Untuk menghentikan api, beberapa petugas pemadam kebakaran bekerja dalam shift 72 jam, bukan 24 jam seperti biasa.

Pada Jumat, sekitar 13.700 petugas pemadam kebakaran di jalur tersebut mulai mendapatkan bantuan di darat dan di udara dari 10 negara bagian, bersama dengan Pengawal Nasional dan militer AS.

Layanan Cuaca Nasional mengeluarkan peringatan bahaya kebakaran tinggi di Bay Area dan di sepanjang Central Coast, mulai dari Minggu pagi (23/8) hingga Senin sore (24/8).

Sejak ribuan sambaran petir dimulai pada 15 Agustus, data dari CalFire menunjukkan, California memiliki 585 titik kebakaran hutan yang telah membakar hampir satu juta hektar atau 4.046 kilometer persegi lahan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA