Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaya Suprana Hingga Vina Panduwinata Meriahkan Festival Indonesia Virtual Di Houston

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 23 Agustus 2020, 20:25 WIB
Jaya Suprana Hingga Vina Panduwinata Meriahkan Festival Indonesia Virtual Di Houston
Budayawan Jaya Suprana ikut memeriahkan Festival Indonesia Virtual/Dok. KJRI Houston
rmol news logo Pandemik virus corona atau Covid-19 bukan halangan untuk menjalankan misi promosi Indonesia di Amerika Serikat.

Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Houston, Amerika Serikat bekerjasama dengan Indonesian Chamber of Commerce Southeastern Central USA (IACC-SCU) menggelar acara Virtual Indonesian Festival (VIF) 2020 di Houston akhir pekan kemarin (Sabtu, 22/8).

Acara VIF diramaikan dengan virtual talks dan bazaar guna memperkenalkan produk dalam negeri dan pertunjukkan tari, musik, serta kuliner Nusantara kepada masyarakat setempat di dalam dan di luar wilayah kerja KJRI Houston.

Acara itu semarak dengan kehadiran Jaya Suprana, pianis, Presiden Direktur Jamu Jago, dan CEO Museum Rekor Indonesia (MURI) yang memeriahkan acara dengan permainan pianonya mengiringi tarian yang sangat erat kaitannya dengan nuansa jawa dan jamu yang akan dipromosikan di Amerika Serikat.

Bukan hanya itu, penyanyi kondang tanah air yakni Vina Panduwinata, Ikang Fawzi, dan musisi James F. Sundah juga ikut ambil bagian untuk memeriahkan VIF 2020 ini.

Tidak ketinggalan Chintami Atmanegara juga menampilkan busana rancangannya dalam peragaan busana.

Selain itu, pertunjukan musik dan tari dari Indonesia dan masyarakat Indonesia di Amerika Serikat juga ikut meramaikan acara ini.
 
Festival yang setiap rutin digelar setiap tahun ini terasa berbeda karena pada tahun ini, karena festival digelar secara virtual akibat pandemik Covid-19.

Meski begitu, bukan berarti semangat untuk menggelar acara tahunan ini surut. Tetap dilaksanakannya Indonesian Festival pada tahun ini merupakan upaya KJRI untuk tetap menjalankan diplomasi ekonomi, meskipun di tengah pemberlakuan jarak sosial dan pedoman kesehatan yang diberlakukan di Texas.
 
Walaupun dilakukan secara virtual, VIF tetap berhasil menjadi festival yang unik karena vendors dan pengunjung dipertemukan secara borderless alias tidak berbatas waktu dan jarak.

Tidak kurang dari 25 vendor ikut meramaikan Festival ini baik dari Indonesia maupun Amerika Serikat. Para vendor memamerkan produk mereka melalui live Youtube dan Facebook yang disaksikan oleh 2000 live viewers.

Vendor dituntut untuk membuat video semenarik mungkin untuk menarik calon pembeli. Calon pembeli yang tertarik kemudian dapat menghubungi nomor kontak dan alamat email yang disiarkan oleh vendors atau melalui panitia VIF.

Berbagai produk-produk Indonesia yang dipromosikan di VIF ini antara lain, Apparel, Fashion, Food, Craft, Service, serta produk lainnya. VIF merupakan wadah yang tepat untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia yang sedang merintis usaha/bisnis ke luar negeri maupun pengembangan usaha expor dan impor dengan Amerika Serikat.
 
VIF dibuka oleh Wakil Menteri Luar Negeri RI, Mahendra Siregar.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Konjen RI Nana Yuliana menyampaikan bahwa volume perdagangan Indonesia-Amerika Serikat tetap stabil di tahun 2020 di tengah pandemik Covid-19.

"Tahun ini kita belajar dari gaptek, menjadi go-tech. Kita tetap semangat untuk Indonesia, untuk mendukung khususnya UMKM," ujar Nana, seperti keterangan yang diterima redaksi.

Untuk diketahui, pada tahun 2019, volume perdagangan Indonesia-Amerika Serikat sebesar 27,88 miliar dolar AS dengan surplus di pihak Indonesia sebesar 12,41 miliar dolar AS.  

Total volume perdagangan Indonesia-Amerika Serikat periode Januari-Juni 2020 sebesar 13,7 miliar dolar AS dengan posisi surplus di pihak Indonesia sebesar 6,37 miliar dolar AS.

Di tengah situasi tersebut, VIF hadir sebagai ajang promosi perdagangan, pariwisata, investasi dan budaya Indonesia di 10 Negara Bagian wilayah kerja KJRI Houston yaitu Alabama, Arkansas, Florida, Georgia, Louisiana, New Mexico, Mississippi, Oklahoma, Tennessee, Texas, serta wilayah US Virgin Island dan Puerto Rico.

Tidak hanya di wilayah kerja KJRI, ajang promosi ini juga diikuti oleh masyarakat di wilayah Amerika Serikat lainnya.

Peserta VIF 2020 ini melibatkan kalangan pemerintah yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM. Kalangan pengusaha dari Indonesia dan Amerika Serikat. Acara disponsori oleh Atlantic Container Line Global, BNI, Broadway Energy, Bank Indonesia, Dhara e-Commerce, e-Food Depot, Indostar, Juara Skincare, Nusantara Box, dan Telekom Indonesia International. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA