Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Azis Nurwahyudi: Millennials Merupakan Jembatan Hubungan Indonesia-Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 25 Agustus 2020, 22:05 WIB
Azis Nurwahyudi: Millennials Merupakan Jembatan Hubungan Indonesia-Rusia
Kuasa Usaha ad interim (KUAI) KBRI Moskow/ Wakil Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Aziz Nurwahyudi/Net
rmol news logo Generasi millenial merupakan media penguatan hubungan diplomasi antar negara pada hari ini masa yang akan datang.

Begitu dikatakan Kuasa Usaha ad interim (KUAI) KBRI Moskow/ Wakil Duta Besar RI untuk Federasi Rusia dan Republik Belarus, Azis Nurwahyudi.

“Millennials merupakan penghubung Indonesia dan Rusia, sekarang dan di masa yang akan datang” ujar Azis Nurwahyudi dalam pembukaan webinar “Indonesia-Russia through Millennials’ Eyes” yang diselenggarakan KBRI Moskow, Selasa (25/8).

Acara tersebut digelar KBRI Moskow bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia dan CSIS (Centre for Strategic and International Studies).

Adapun pembicara yang dihadirkan adalah Judika Madhuri dari KBRI Moskow, Roman A. Romanov dari Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia dan Gilang Kembara dari CSIS.

Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan memberi pemahaman terhadap masyarakat Indonesia mengenai berbagai kebijakan dan pengembangan kerja sama kedua negara di seluruh bidang dan capaian selama 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Diharapkan imbas positif guna mempererat diplomasi antara Indonesia-Rusia ke depannya terutama di kalangan pemuda.

Antusiasme peserta pun luar biasa dari berbagai kalangan baik Kementerian/Lembaga, institusi pendidikan (sekolah dan perguruan tinggi) maupun perorangan, dari Indonesia.

Namun, KBRI Moskow membatasi jumlah 100 peserta. Sementara yang lain berkesempatan mengikuti webinar secara langsung, streaming melalui kanal Youtube KBRI Moskow.

Azis Nurwahyudi menerangkan bahwa webinar ini menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian Peringatan 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Rusia tahun 2020.

"Kali ini, sebagai inovasi baru, KBRI Moskow mengajak kawula muda sebagai generasi yang kritis, inovatif dan gadget geek untuk mengenal hubungan Indonesia dan Rusia lebih dalam," katanya.
 
Selama webinar, diskusi berlangsung hangat antara praktisi diplomasi Indonesia-Rusia, pengamat internasional dan kawula muda yang mewakili berbagai kampus dari dalam dan luar Indonesia.

Judika Madhuri yang hadir sebagai pembicara, menyampaikan selayang pandang hubungan Indonesia-Rusia sejak masa sebelum kemerdekaan sampai ke abad 21. Terutama peran millennials yang penting dalam menggali peluang dan menjadi jembatan hubungan kedua negara di masa yang akan datang.

Ditambahkan wakil dari Kementerian Luar Negeri Federasi Rusia, Roman A. Romanov, dia menekankan kemajuan kerja sama kedua negara terutama di bidang ekonomi, keamanan, militer, kemanusiaan, dan kebudayaan.

“Indonesia dan Rusia telah mencapai perdagangan sebesar 2,45 miliar dolar AS pada 2019 dan diharapkan akan meningkat setelah penandatanganan kemitraan strategis," tambah Roman. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA