Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Besok, Uni Eropa Akan Segera Bahas Sanksi Untuk Belarus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 26 Agustus 2020, 09:05 WIB
Besok, Uni Eropa Akan Segera Bahas Sanksi Untuk Belarus
Uni Eropa/Net
rmol news logo Negara-negara anggota Uni Eropa (UE) akan segera membahas pemberian sanksi terhadap Belarus (Belarusia) terkait tindakan kekerasan aparat pada aksi protes pasca kemenangan presiden Lukashenko.

Sekretaris Jenderal EEAS Helga Schmid mengatakan para menteri luar negeri dari negara Eropa akan membahas mengenai hal itu pada 27-28 Agustus.

“Tindakan untuk menjatuhkan sanksi Uni Eropa terhadap otoritas Belarusia sedang berlangsung, dan para menteri luar negeri akan mengadakan diskusi pada 27-28 Agustus,” kata Schmid, seperti dikutip dari TASS, Selasa (25/8).

Uni Eropa sedang mempelajari sanksi kepada 15-20 pejabat Belarusia yang diduga terlibat dalam tindakan kekerasan.  Namun untuk jumlah pastinya masih dipelajari karena proses penyelidikan masih berjalan. Siapa saja nama-nama pejabat itu, akan dilaporkan pada pertemuan 27-28 Agustus di Berlin.

Layanan hak asasi manusia Belarusia memiliki bukti sekitar 450 orang dipukuli oleh polisi selama kerusuhan. Lebih dari 6.000 orang ditahan dan ditahan hingga sepuluh hari, dengan keberadaan mereka tidak diketahui.

Protes massal dan bentrokan dengan polisi terjadi di Minsk dan kota-kota di Belarusia setelah hasil pemilihan diumumkan. Presiden petahana, Alexander Lukashenko, memenangkan lebih dari 80 persen suara. Saingan terdekatnya, Svetlana Tikhanovskaya, memperoleh 10 persen suara.

Aksi protes itu meledak berhari-hari dan meluas, Akibatnya, sekitar 7.000 orang ditahan, puluhan orang termasuk aparat luka-luka.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA