Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Di Roma, Menlu Kanada Dan China Bahas Penahanan Bos Huawei Meng Wanzhou

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 26 Agustus 2020, 10:35 WIB
Bertemu Di Roma, Menlu Kanada Dan China Bahas Penahanan Bos Huawei Meng Wanzhou
Meng Wanzhou/Net
rmol news logo Dalam suasana kedua negara yang masih tegang, Menteri Luar Negeri Kanada, Francois-Philippe Champagne bertemu dengan mitranya dari China, Wang Yi.

Pertemuan di sebuah hotel di Roma, Italia pada Selasa (25/8) tersebut, membahas sejumlah isu, utamanya penahanan eksekutif keuangan perusahaan teknologi raksasa China, Huawei Technologies, Meng Wanzhou.

Selama 90 menit, Champagne mendesak Wang untuk mengeluarkan dua warga negaranya, Michael Spavor dan Michael Kovrig yang dituding sebagai mata-mata.

"Menteri Champagne kembali menegaskan bahwa kasus Michael Kovrig dan Michael Spavor tetap menjadi prioritas utama. Kanada terus meminta China untuk segera membebaskan kedua lelaki tersebut," ujar Kementerian Luar Negeri Kanada seperti dikutip Reuters.

Kendati begitu, menurut Kementerian Luar Negeri China, Wang mengatakan kepada Champagne bahwa penahanan Meng yang tidak beralasan di kanada juga telah menyebabkan kesulitan serius dalam hubungan bilateral kedua negara.

Lebih lanjut, Wang juga mendesak Ottawa untuk mengambil tindakan secepat mungkin untuk menghilangkan hambatan bagi perkembangan hubungan kedua negara.

Hubungan antara China dan Kanada memburuk pada Desember 2018, setelah polisi menahan Meng dengan surat perintah ekstradisi AS. Segera setelah itu, China menangkap Spavor dan Kovrig yang dituding sebagai mata-mata. China juga memblokir impor beberapa benih canola dari Kanada.

Ketegangan meningkat ketika Kanada mencabut perjanjian ekstradisi dengan Hong Kong sebagai respons atas UU keamanan nasional oleh Beijing. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA