Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vietnam: Latihan Militer Beijing Di Laut China Selatan Bikin Ruwet Negosiasi Kode Etik Dengan ASEAN

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 26 Agustus 2020, 16:36 WIB
Vietnam: Latihan Militer Beijing Di Laut China Selatan Bikin Ruwet Negosiasi Kode Etik Dengan ASEAN
Ilustrasi/Net
rmol news logo Vietnam mengutuk latihan militer yang digelar oleh China di kawasan Laut Laut China Selatan, termasuk Kepulauan Paracel yang juga ia klaim.

Melalui sebuah pernyataan yang dirilis pada Rabu (26/8), jurubicara Kementerian Luar Negeri Le Thi Thu mengatakan, latihan militer China telah melanggar kedaulatan Vietnam dan memperumit penyelesaian sengketa Laut China Selatan.

"Latihan militer berulang China di (Kepulauan Paracel) melanggar kedaulatan Vietnam, mempersulit negosiasi kode etik (Code of Conduct (CoC)) para pihak di Laut China Selatan antara China dan ASEAN," ujar Le seperti dikutip Reuters.

Menurut Administrasi Keselamatan Maritim Hainan, China telah mulai menggelar latihan militer selama enam hari di perairan dekat Kepulauan Paracel pada pekan ini. Itu merupakan latihan militer kedua yang dilakukan oleh Beijing di wilayah tersebut dalam dua bulan terakhir.

Selama ini, China telah mengklaim sekitar 80 persen wilayah Laut China Selatan menggunakan "sembilan garis putus-putus" yang mencakup wilayah yang diklaim oleh Vietnam, Filipina, Singapura, Brunei, Malaysia, dan Taiwan.

Sembilan garis putus-putus yang membentuk huruf "U" tersebut juga tumpang tindih dengan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) milik Indonesia.

Bulan lalu, Vietnam dan Filipina telah mengkritik latihan militer China di Laut China Selatan.

Sejauh ini, penyelesaian sengketa Laut China Selatan masih belum menemukan titik terang. Pada KTT ASEAN-China yang digelar 26 Juni di Hanoi, Vietna, dan Filipina menjadi penantang paling vokal terhadap klaim China. Keduanya memperingatkan ketidakamanan regional di tengah agresifitas Beijing selama pandemik Covid-19.

Saat ini, Vietnam menjadi Ketua Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) yang belum bisa menyelesaikan negosiasi terkait CoC Laut China Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA