Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bentrok Pasukan Amerika dan Rusia Di Timur Laut Suriah Makin Tinggi, Empat Tentara AS Luka Gegar Otak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 27 Agustus 2020, 14:35 WIB
Bentrok Pasukan Amerika dan Rusia Di Timur Laut Suriah Makin Tinggi, Empat Tentara AS Luka Gegar Otak
Pasukan AS berpatroli di daerah kota Tal Tamr, di provinsi Hasakeh timur laut Suriah/Net
rmol news logo Empat tentara AS terluka di timur laut Suriah setelah sebuah kendaraan Rusia dengan sengaja menabrak kendaraan yang mereka tumpangi. Empat anggota dinas AS didiagnosis dengan gejala seperti gegar otak setelah bentrokan itu, seperti isi pernyataan Pentagon.

Serangkaian video yang diunggah ke Twitter pada Rabu menunjukkan beberapa kendaraan patroli Rusia menyepelekan kendaraan AS yang berusaha menghalangi jalan mereka.

Video lainnya menunjukkan salah satu kendaraan Rusia, yang diidentifikasi sebagai Topan Kamaz oleh pengguna Twitter, menabrak MaxxPro Amerika. Kemudian ada lagi video yang menunjukkan helikopter Rusia terbang rendah di atas benturan kendaraan.

Setelah tabrakan, kendaraan Rusia malah terus mengejar pasukan Amerika, Politico melaporkan.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih, John Ullyot, mengatakan patroli koalisi meninggalkan daerah itu untuk mencoba meredakan situasi. Ia juga memperingatkan Rusia bahwa tindakan seperti itu merupakan pelanggaran protokol dan bisa menimbulkan konflik.

“Tindakan tidak aman dan tidak profesional seperti ini merupakan pelanggaran protokol de-konflik, yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Rusia pada Desember 2019,” katanya.

Namun, rekaman video dan berbagai laporan tentang peristiwa tersebut menceritakan kisah yang berbeda. Rekaman video di sisi Rusia menunjukkan beberapa kendaraan AS memblokir jalan, yang kemudian Rusia coba hindari melalui berbagai taktik, termasuk melayang rendah di atas blokade dengan helikopter dan kemudian mencoba untuk mengitarinya.

Namun, rekaman berikutnya menunjukkan kendaraan AS bergerak untuk memblokir kendaraan Rusia saat mereka mencoba melewatinya, sampai dua kendaraan Rusia "menjepit" kendaraan American Mine-Resistant Ambush Protected (MRAP) di antara mereka.

Tidak jelas tabrakan mana yang mengakibatkan cedera pada tentara AS.

Politico melaporkan bahwa Pentagon menyatakan bahwa itu adalah pasukan Rusia yang mengejar pasukan Amerika, menurut draf pernyataan yang dilihat oleh outlet tersebut, seperti dikurip dari Independent, Kamis (27/8).

AS diperkirakan memiliki 500 tentara di Suriah, yang tidak memiliki izin untuk hadir dari pemerintah Suriah di Damaskus. Pasukan Rusia berpatroli di beberapa bagian negara untuk mendukung pemerintah Suriah dalam perang saudara. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA