Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengundurkan Diri, CEO TikTok Curhat Dapat Tekanan Sana-sini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 28 Agustus 2020, 12:16 WIB
Mengundurkan Diri, CEO TikTok Curhat Dapat Tekanan Sana-sini
Kevin Mayer yang mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO TikTok/Net
rmol news logo CEO TikTik, Kevin Mayer akhirnya resmi mengundurkan diri setelah mendapatkan berbagai tekanan, khususnya dari pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Lewat sepucuk surat kepada karyawannya pada Kamis (27/8), Mayer mengungkap pilihannya untuk mengundurkan diri karena situasi politik.

"Dalam beberapa pekan terakhir, kondisi politik berubah drastis, saya telah melakukan perenungan mengenai perubahan struktural korporat yang diperlukan," ujar Mayer.

"Dengan latar belakang ini, dengan berat hati saya ingin Anda tahu bahwa saya telah memutuskan untuk meninggalkan perusahaan," sambungnya.

Jabatannya yang baru ia isi selama dua bulan tersebut untuk sementara akan diganti oleh General Manager Vanessa Pappas.

CBS News melaporkan, pengunduran diri Mayer seiring dengan perintah eksekutif Trump untuk melarang penggunaan TikTok, kecuali jika perusahaan induknya yang berada di China, ByteDance, menjual operasi aplikasi AS-nya ke perusahaan Amerika.

Dalam perintahnya, Trump juga memberikan tenggat waktu hingga 15 September 2020.

Saat ini, ByteDance masih dalam tahap pembicaraan kemungkinan akuisisi dengan Microsoft. Namun keduanya enggan memberikan komentar.

Menanggapi keputusan pengunduran diri tersebut, TikTok memberikan apresiasi kepada Mayer.

"Kami menghargai dinamika politik dalam beberapa bulan terakhir telah secara signifikan mengubah lingkup peran Kevin ke depan, dan sepenuhnya menghormati keputusannya," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.

TikTok merupakan aplikasi video pendek yang dirilis pada 2017 oleh ByteDance. TikTok merupakan gabungan dari Musical.ly yang dibeli ByteDance dengan Douyin.

Kepemilikan TikTok di China telah menimbulkan kekhawatiran tentang potensi penyensoran video dan risiko Beijing dapat mengakses data pengguna.

Alasan tersebut yang membuat Trump pada akhirnya melarang penggunaan aplikasi TikTok dan WeChat yang membuat China geram. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA