Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Israel Dan UEA Akan Buat Pangkalan Intelijen Di Pulau Socotra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 28 Agustus 2020, 14:09 WIB
Israel Dan UEA Akan Buat Pangkalan Intelijen Di Pulau Socotra
Pulau Socotra, Yaman/Net
rmol news logo Israel dan Uni Emirat Arab (UEA) menyatakan niatnya untuk bekerja sama membangun pangkalan intelijen di sebuah pulau di Yaman, menghadap ke Selat Bab Al-Mandad.

Rencana tersebut terungkap dari laporan JForum berdasarkan sumber anonim yang dikutip oleh Sputnik, Jumat (28/8).

Laporan menunjukkan, pangkalan intelijen tersebut diduga akan dibangun di Pulau Socotra, merupakan pulau terbesar di antara yang lainnya di Yaman.

Dugaan tersebut diperkuat dengan adanya kabar delegasi gabungan dari Israel dan UEA telah mengunjungi Pulau Socotra baru-baru ini untuk meninjau lokasi.

Ada dua lokasi yang menjadi target sebagai pangkalan intelijen tersebut. Pertama adalah wilayah Momi di bagian timur pulau untuk Pusat Jamgua, dan lainnya berada di bagian barat untuk Pusat Katanan.

"Tujuan dari pangkalan adalah untuk mengumpulkan intel di seluruh Teluk, terutama dari Bab al-Mandab dan selatan Yaman, bersama dengan Teluk Eden dan Tanduk Afrika," tulis Sputnik.

Menurut sumber pejabat tinggi Eritrea, Tel Aviv pada 2016 sudah mulai melakukan pembangunan pangkalan intelijen terbesarnya di Gunung Ambassaira. Tujuannya untuk memantau pasukan koalisi militer yang dipimpin oleh Arab Saudi di Yaman.

Selain itu, Israel juga memantau gerakan kelompok Houthi dan pergerakan angkatan laut Iran di Yaman, serta memeriksa lalu lintas laut juga udara di wilayah selatan Laut Merah.

Kerja sama intelijen antara Israel dan UEA dilakukan setelah pengumuman normalisasi hubungan yang disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada 13 Agustus 2020.

Kesepakatan tersebut telah dikecam oleh banyak pihak, terutama Palestina, Iran, dan Turki. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA