Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sepakat Dengan Uni Eropa, Ukraina Pun Pilih Putus Hubungan Dengan Belarusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 28 Agustus 2020, 14:39 WIB
Sepakat Dengan Uni Eropa, Ukraina Pun Pilih Putus Hubungan Dengan Belarusia
Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba/Net
rmol news logo Ukraina mengambil sikapnya atas kerusuhan  yang terjadi di Belarusia. Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba telah mengumumkan bahwa Ukraina berada bersama Uni Eropa dalam hal ini, dan Ukraina telah melakukan penghentian kontak antara Kyiv dengan Minsk, seperti yang dilaporkan media televisi setempat.

"Secara resmi saya sampaikan bahwa semua kontak kami, Ukraina,  dengan pihak Belarusia telah dibekukan dan ditangguhkan," kata Kuleba, seperti dilaporkan NA, Jumat (28/8).

Ukraina telah mengambil langkah tersebut sebagai tanggapan atas kekerasan terhadap para pengunjuk rasa di Belarusia.

"Kami telah bergabung dengan Uni Eropa dalam posisinya di Belarus," tambah Kuleba.

Sebelumnya, pada Kamis (27/8) Kuleba bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri AS Stephen E. Biegun dalam perjalanan kerjanya ke Ukraina.

Keduanya membahas berbagai macam isu yang bertujuan untuk memperkuat kemitraan strategis Ukraina-AS di bidang pertahanan dan keamanan, energi, reformasi, perdagangan dan investasi, dan lain-lain.

Keduanya juga membahas situasi di Belarusia dan kemungkinan hasilnya untuk keamanan regional.

Mereka menekankan bahwa rakyat Belarusia memiliki hak yang tidak dapat dicabut untuk memutuskan nasib mereka sendiri dan dalam proses pemilihan umum yang demokratis.

Baik UKraina maupun AS setuju bahwa pihak berwenang Belarus harus mencegah kekerasan lebih lanjut dan menunjukkan keinginan untuk menemukan resolusi damai dan bernegosiasi dengan pihak oposisi.

Bahwa masa depan Belarusia hanya bergantung pada rakyat Belarusia untuk memutuskan dan tidak ada kekuatan luar yang dapat mempengaruhi pilihan mereka. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA