Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Resep Perkuat Hubungan China-Norwegia Ala Menlu Wang Yi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 29 Agustus 2020, 09:27 WIB
Tiga Resep Perkuat Hubungan China-Norwegia Ala Menlu Wang Yi
Penasihat Negara sekaligus Menteri Luar Negeri China Wang Yi /Net
rmol news logo Usai kunjungi Italia dan Belanda Penasihat Negara sekaligus Menteri Luar Negeri China Wang Yi tiba di Oslo dan langsung melakukan pembicaraan bersama Menteri Luar Negeri Norwegia, Ine Eriksen Soreide.

Wang mengatakan bahwa sementara pandemik Covid-19 global belum berakhir, China dan Norwegia telah melakukan komunikasi tatap muka. Menurutnya ini tidak hanya menunjukkan kepercayaan masing-masing dalam mengalahkan epidemik, tetapi sebagai tanda akan dimulainya kembali kerja sama dua negara yang saling menguntungkan di berbagai bidang.

"China dan Norwegia harus memperkuat solidaritas dan saling berkoordinasi serta bekerja sama, sehingga dapat memainkan peran konstruktif dalam mempercepat pemulihan ekonomi dunia dan memenuhi tantangan global," kata Wang, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (28/8).

Dalam pertemuan tersebut, Wang juga mengajukan tiga saran untuk memajukan hubungan antara China-Norwegia.

Pertama, kedua belah pihak harus saling memahami aspek dominan dari perkembangan hubungan China-Norwegia yang sehat dan stabil. Mematuhi prinsip saling menghormati dan perlakuan yang sama, menjaga kepentingan inti dan perhatian utama satu sama lain, serta menangani masalah sensitif terkait dengan benar. Hal itu dimaksudkan untuk mencegah terganggunya lagi momentum baik yang diperoleh dengan susah payah dari hubungan bilateral kedua negara.

Kedua, China dan Norwegia harus memahami nada utama kerja sama yang saling menguntungkan antara kedua negara, yang memiliki potensi besar dan ruang yang besar.

Wang juga mengatakan bahwa China bersedia bekerja sama dengan Norwegia untuk menyelesaikan negosiasi perjanjian perdagangan bebas bilateral sesegera mungkin, bernegosiasi dan menandatangani dokumen tentang pembentukan 'kemitraan biru'.

"China setuju untuk memperkuat kerja sama dalam olahraga musim dingin dan bidang lainnya, dan memberikan yang keadilan yang terbuka serta lingkungan bisnis yang tidak diskriminatif bagi perusahaan dari kedua belah pihak," kata Wang.

Ketiga, kedua negara harus memahami tema utama menjaga multilateralisme bersama. Baik China maupun Norwegia adalah penerima manfaat dan pendukung globalisasi, multilateralisme, dan perdagangan bebas, serta menentang unilateralisme dan proteksionisme.

Kedua belah pihak harus mengimplementasikan Agenda 2030 untuk melakukan program pembangunan berkelanjutan dengan baik dan mempromosikan implementasi efektif Perjanjian Paris tentang perubahan iklim, dan bersama-sama membangun ekonomi dunia terbuka.

Sementara itu, Soreide mengatakan bahwa semua kalangan di Norwegia mementingkan penguatan kerja sama dengan China, dan sangat penting bagi Norwegia untuk melanjutkan pertukaran bilateral dengan latar belakang memerangi epidemi.

"Norwegia berharap dapat memperkuat pengembangan vaksin dan kerja sama maritim dengan China, menyelesaikan negosiasi perjanjian perdagangan bebas antara kedua negara secepatnya, memperkuat pertukaran dan kerja sama dalam olahraga musim dingin, dan mendukung China dalam menyelenggarakan Olimpiade Musim Dingin 2022 dengan sukses," kata Soreide.

Dia mengatakan bahwa Norwegia menghargai kepentingan dan perhatian China dan bersedia membahas masalah yang relevan dengan China dalam semangat saling menghormati.

"Norwegia selalu mendukung multilateralisme dan menganjurkan mempromosikan perdagangan bebas global dan menjaga ketertiban internasional," katanya.

Di tengah meningkatnya ketidakstabilan global, Norwegia berkeinginan untuk bergandengan tangan dengan komunitas internasional, termasuk China, untuk lebih banyak melakukan kerjasama internasional.

Keduanya juga bertukar pandangan mendalam tentang masalah internasional dan regional yang menjadi perhatian bersama.

Norwegia menjadi negara ketiga yang dikunjungi Wang dalam tur Eropa-nya. Usai Norwegia, Prancis dan Jerman akan menjadi destinasi berikutnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA