Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diduga Terlibat Pengiriman Dokumen Rahasia Ke Rusia Perwira Senior Prancis Diringkus Aparat Keamanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 31 Agustus 2020, 07:25 WIB
Diduga Terlibat Pengiriman Dokumen Rahasia Ke Rusia Perwira Senior Prancis Diringkus Aparat Keamanan
Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly saat selesai menghadiri rapat kabinet di Istana Elysee/Net
rmol news logo Prancis meluncurkan penyelidikan terhadap seorang perwira senior negara itu karena dicurigai berada di balik pelanggaran keamanan dengan mengirimkan dokumen sensitif ke kekuatan asing.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly pada Minggu (30/8) bahwa pihaknya tengah melakukan penyelidikan terhadap kasus tersebut. Media Prancis dan sumber yudisial bahkan menyebut Rusia menjadi negara yang mungkin menerima dokumen rahasia tersebut.

Sementara Radio Europe 1 melaporkan, bahwa seorang letnan kolonel Perancis yang  berbasis di Italia dan ditempatkan dengan NATO  diduga telah mengirimkan dokumen sensitif ke dinas rahasia Rusia. Parly mengatakan kementeriannya telah memberi tahu jaksa tentang kasus itu. Dia tidak merinci apa yang diduga dilakukan petugas itu.

"Yang dapat saya konfirmasikan adalah bahwa seorang perwira senior menghadapi proses hukum atas pelanggaran keamanan," kata Florence Parly kepada radio Europe 1, CNews dan surat kabar Les Echos, seperti dikutip dari France 24, Minggu (30/8).

"Kami telah menerapkan semua pengamanan yang diperlukan," kata Parly.

Sebuah sumber pengadilan kemudian membenarkan bahwa seorang perwira senior telah didakwa dengan tuduhan yang melibatkan "intelijen dengan kekuatan asing yang merusak kepentingan fundamental bangsa".

“Dia dituntut karena memberikan informasi kepada kekuatan asing serta mengumpulkan informasi yang merugikan kepentingan fundamental bangsa dengan tujuan untuk menyampaikannya kepada kekuatan asing dan membahayakan kerahasiaan pertahanan nasional,” kata sumber itu. .

Menurut informasi yang disiarkan Europe 1, pria itu ditangkap oleh dinas intelijen DGSI saat akan berangkat ke Italia pada akhir liburannya di Prancis dan ditahan di sebuah penjara di Paris. Pejabat itu berbicara bahasa Rusia dan terlihat di Italia dengan seorang pria yang diidentifikasi sebagai agen GRU, dinas intelijen militer Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA