Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Disebut Lemah Oleh Trump, Joe Biden: Petahana Tidak Mampu Menghadapi Fakta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 01 September 2020, 09:18 WIB
Disebut Lemah Oleh Trump, Joe Biden: Petahana Tidak Mampu Menghadapi Fakta
Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden/Net
rmol news logo Konvensi Nasional Partai Republik (RNC) tampaknya berhasil memindahkan posisi kandidat Presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Setelah berhasil mendapatkan dukungan dari ketidakmampuan petahana, Presiden Donald Trump dalam menangani pandemik Covid-9, Biden saat ini berada di posisi "defensif".

Melansir AFP pada Selasa (1/9), Trump berhasil menjadikan Biden sebagai orang yang lemah dalam menghadapi protes anti-rasisme yang dipadukan dengan kerusuhan, penembakan mematikan, dan kekerasan.

Banyak pihak menyebut, serangan Trump tersebut sangat berisiko bagi Biden untuk kehilangan momentum yang membuatnya unggul dalam pemungutan suara pada 3 November mendatang.

Namun, Biden membalas kritikan tersebut dalam pidato kampanyenya di Pittsburgh, Pennsylvania pada Senin (31/8).

Biden mengatakan, Trump lah yang telah memicu kekerasan dan kerusuhan yang terjadi di Kenosha, Wisconsin dalam satu pekan terakhir. Ia bahkan menyebut kepemimpinan Trump merupakan racun bagi AS.

"Api sedang berkobar dan kami memiliki seorang presiden yang mengipasi api daripada memadamkan api," kata mantan wakil presiden AS berusia 77 tahun tersebut.

"Presiden petahana tidak mampu mengatakan yang sebenarnya, tidak mampu menghadapi fakta dan tidak mampu menyembuhkan," sambungnya.

Dalam pidatonya selama 22 menit, Biden mengatakan, Trump tidak bisa menghentikan kekerasan yang terjadi karena selama bertahun-tahun ia lah yang mengobarkannya.

"Apakah Anda benar-benar merasa lebih aman di bawah Donald Trump?" ujar Biden.

"(Trump) mungkin percaya mengucapkan kata-kata 'hukum dan ketertiban' membuatnya kuat, tetapi kegagalannya untuk meminta pendukungnya sendiri untuk berhenti bertindak sebagai milisi bersenjata di negara ini menunjukkan kepada Anda betapa lemahnya dia," sambungnya.

Pernyataan Biden sendiri merujuk pada seorang remaja berusia 17 tahun bernama Kyle Rittenhouse yang menjadi pelaku penembakkan dua demonstran di Kenosha. Rittenhouse diketahui merupakan pendukung berat dari Trump.

"Penjarahan bukan protes, menyalakan api bukan protes. Semua ini bukan protes. Ini pelanggaran hukum, jelas dan sederhana, dan mereka yang melakukannya harus dituntut," tegas Biden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA