Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bolsonaro Tak Akan Paksa Warga Brasil Untuk Vaksinasi Covid-19

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 01 September 2020, 11:49 WIB
Bolsonaro Tak Akan Paksa Warga Brasil Untuk Vaksinasi Covid-19
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro/Net
Presiden Brasil, Jair Bolsonaro terlihat masih menganggap enteng wabah Covid-19. Ia mengatakan tidak akan memaksa siapa pun untuk mendapatkan vaksin virus corona jika sudah tersedia.

Dalam sebuah video yang diunggah ke media sosial pada Senin (31/8), Bolsonaro menjawab pertanyaan terkait distribusi vaksin Covid-19.

"Tidak ada yang bisa memaksa siapa pun untuk mendapatkan vaksin," ujarnya seperti dikutip Reuters.

Komentar Bolsonaro muncul setelah pemerintah mengalokasikan jutaan dolar untuk pembelian dan produksi vaksin Covid-19.

Pada awal Agustus, pemerintah Brasil sudah mengalokasikan 346 juta dolar AS untuk mendanai 100 juta dosis kandidat vaksin yang dikembangkan oleh Universitas Oxford bersama dengan AstraZeneca.

Selain dari AstraZeneca, pemerintah negara bagian Sao Paulo di Brasil juga sedang mengerjakan vaksin potensial dari perusahaan biofarmasi China, Sinovac.

Sejauh ini, Brasil masih menjadi negara kedua paling terdampak pandemik Covid-19 setelah Amerika Serikat. Totalnya, Brasil memiliki 3,9 juta kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dengan 121 ribu kematian.

Data terbaru, pada Senin, Kementerian Kesehatan Brasil melaporkan 45.961 infeksi baru virus corona dengan 553 kematian yang dilaporkan dalam sehari.

Meski Bolsonaro sudah menderita dan sembuh dari Covid-19, ia tampaknya masih meremehkan langkah-langkah pencegahan untuk menghindari infeksi.

ARTIKEL LAINNYA