Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

WHO: Tidak Ada Negara Yang Bisa Berpura-pura Terbebas Dari Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 01 September 2020, 12:23 WIB
WHO: Tidak Ada Negara Yang Bisa Berpura-pura Terbebas Dari Covid-19
Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus/Net
rmol news logo Organisasi Kesehatan Dunia WHO telah memperingatkan bahwa langkah untuk melonggarkan pembatasan yang terlalu dini akan berubah menjadi bencana.
Hal itu disampaikan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus saat berbicara pada jumpa pers virtual dari markas besar badan kesehatan PBB di Jenewa, Swiss.

Tidak ada negara yang dapat 'berpura-pura' bahwa pandemik Covid-19 telah berakhir, ia menekankan hal itu, seperti dikutip dari 9 News, Selasa (1/9).

Dalam kesempatan tersebut dia juga mengatakan sebelum mencoba untuk memulai ekonomi, negara-negara perlu memiliki 'kendali' terhadap virus terlebih dahulu.

"Semakin banyak negara yang mengendalikan virus, semakin mereka bisa terbuka. Tidak ada negara yang bisa berpura-pura pandemik telah berakhir, kata Tedros.
 
“Kenyataannya virus ini mudah menyebar. Terbuka tanpa kendali adalah resep bencana. Kami ingin melihat anak-anak kembali ke sekolah dan orang-orang kembali ke tempat kerja, tetapi kami ingin melihatnya dilakukan dengan aman."

Tedros menguraikan beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk mengendalikan penyebaran virus corona.

Negara-negara harus memperkuat pencegahan acara yang melibatkan pertemuan besar di satu tempat. Selain itu negara juga perlu melindungi orang yang rentan, termasuk orang tua dan orang dengan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya, untuk menyelamatkan nyawa dan meringankan beban sistem kesehatan.

Tedros juga menekankan pentingnya individu 'memainkan peran mereka' dengan memakai masker, menjaga jarak sosial dan sering mencuci tangan.

"Jika negara-negara serius untuk membuka diri, mereka harus serius dalam menekan penularan dan menyelamatkan nyawa," katanya.

"Ini mungkin tampak seperti keseimbangan yang mustahil, tetapi sebenarnya tidak. Ini bisa dilakukan dan sudah dilakukan." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA