Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DK PBB Akan Hadirkan Pemimpin Oposisi Belarusia Svetlana Tikhanovskaya Dalam Pertemuan Jumat Mendatang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 01 September 2020, 15:48 WIB
DK PBB Akan Hadirkan Pemimpin Oposisi Belarusia Svetlana Tikhanovskaya Dalam Pertemuan Jumat Mendatang
Svetlana Tikhanovskaya/Net
rmol news logo Merespon ketegangan yang terjadi pasca pemilihan presiden Belarus yang dimenangkan oleh petahana Alexandr Lukashenko, Dewan Keamanan PBB bersiap untuk melakukan pertemuan informal pada Jumat (4/9) mendatang.

Para diplomat mengatakan pertemuan informal DK PBB itu akan membahas situasi terkini di Belarusia. Pertemuan kali ini akan digelar di depan umum dengan partisipasi pemimpin oposisi negara itu Svetlana Tikhanovskaya.

"Sesi konferensi video akan fokus pada hak asasi manusia di Belarus setelah pengusiran beberapa media asing selama akhir pekan dan penolakan untuk memberikan akreditasi kepada yang lain," kata sumber diplomatik, seperti dikutip dari AFP, Selasa (1/9).

Seperti diskusi sebelumnya, yang diadakan secara tertutup pada tanggal 18 Agustus, pertemuan baru tersebut diselenggarakan atas permintaan Estonia, yang saat ini menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Ini akan bersifat informal dan formatnya memungkinkan anggota Dewan Keamanan untuk tidak ambil bagian.

Sementara itu, beberapa anggota seperti China dan Rusia memandang peristiwa di Belarusia sebagai masalah internal negara dan berpendapat bahwa mereka tidak menimbulkan ancaman bagi tatanan internasional dan oleh karena itu tidak boleh ditangani oleh Dewan Keamanan PBB.

Ratusan ribu pengunjuk rasa menyuarakan pendapatnya di jalan-jalan untuk menuntut pengunduran diri Presiden Alexandr Lukashenko yang dituduh mencurangi hasil pemilu 9 Agustus lalu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA