Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Lukashenko: Hidup Berbeda Dari Yang Terlihat Di Internet

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 02 September 2020, 07:40 WIB
Presiden Lukashenko: Hidup Berbeda Dari Yang Terlihat Di Internet
Lukahenko saat kunjungan ke Sekolah Tinggi Kejuruan dan Teknis Industri Jasa Baranovichi/Net
rmol news logo Apa yang kita lihat di dunia maya seringkali berbeda dengan apa yang kita lihat dalam kehidupan nyata. Sebaliknya, kehidupan nyata bukanlah seperti apa yang terlihat di dunia maya. Menyadari banyaknya dampak negatif dari pengaruh internet, Presiden Belarusia Aleksandr Lukashenko, mengatakan agar masyarakat, terutama kaum muda dapat bersikap realistis.

“Apa yang kita alami di dunia maya bisa berbeda dengan yang kita lihat di kehidupan nyata. Sepanjang waktu kita menatap iPhone, smartphone, dan alat gadget lainnya. Dari situ munculan ilusi. Kehidupan pun kemudian berubah,” kata Lukashenko kepada wartawan saat mengunjungi Sekolah Tinggi Kejuruan dan Teknis Industri Jasa Baranovichi, Selasa (1/9), seperti dikutip dari BelTA.

Lukashenko mengungkapkan ia telah banyak belajar dari cara beberapa media massa meliput situasi di Belarusia.

Banyak hal yang dianggap berlebihan akibat pengaruh media massa. Misalnya, jumlah orang yang berpartisipasi dalam demonstrasi dilaporkan secara tidak benar. Dalam kata-katanya, ada beberapa metode perhitungan yang dapat diandalkan yang menunjukkan bahwa bilangan real terdistorsi.

“Jumlah orang yang dilaporkan ikut serta dalam demonstrasi ini, atau demonstrasi itu, bisa 10 atau 20 kali lebih besar dari yang sebenarnya. Namun, bukan itu masalahnya. Lebih penting untuk memahami siapa orang-orang ini, mengapa mereka turun ke jalan dan apa yang mereka inginkan. Mereka tidak menginginkan apa pun,” kata Lukashenko.

“Berada di ruang virtual mereka, mereka mendesak pemerintah untuk berdialog. Kata 'dialog' terdengar sangat bagus, bukan? Tapi katakan padaku, dengan siapa kita harus berdialog?” lanjutnya kemudian.

“Misalnya, saya bisa berdialog dengan Anda dari pagi sampai malam. Kita bisa berdebat, Anda bisa setuju atau tidak setuju. Namun, bukan itu masalahnya. Yang sebenarnya adalah mereka tidak menginginkan dialog apa pun. Tidak mungkin mempertahankan dialog dengan mereka, karena 30 persen dari mereka tidak memiliki suara. Saya kemarin mengatakan: kami mendengar pendapat siswa sekolah, tetapi mereka tidak mengambil keputusan apa pun, karena mereka belum memiliki hak seperti itu!”

Beberapa kejadian belakangan membuat orang nomor satu yang berkuasa sejak 1994 itu mulai menyadari ada beberapa kesalahan pemerintah dalam menangani anak muda.

“Kami melihat kesalahan kami,” katanya. “Sekarang kami sedang menganalisis mereka. Baik pemerintah dan Administrasi kepresidenan Belarus telah menarik kesimpulan dari peristiwa terbaru,” ungkap Lukashenko.

Menurut Presiden, anak muda seringkali kurang pengalaman untuk menilai secara objektif apa yang terjadi. Beberapa anak muda berpikir bahwa mereka tidak perlu bekerja keras untuk hidup dengan baik.

“Saya pikir mereka akan mengubah sikap mereka seiring bertambahnya usia,” katanya.

Berkaitan dengan hal tersebut, kepala negara memuji generasi muda lainnya, misalnya mahasiswa SMK Negeri Baranovichi dan Sekolah Tinggi Teknik Industri Jasa.

“Mereka tidak akan tersesat, karena mereka tahu apa itu kerja keras. Kami harus lebih memperhatikan mereka yang belum mengalami kerja keras dan mereka yang belum melihat bagaimana hal-hal berubah dari waktu ke waktu. Itu semua untuk dapat membandingkan mereka,” kata  Lukashenko.

Sementara itu, di saat yang sama, ribuan siswa menandai hari pertama semester pada hari Selasa dengan melakukan pemogokan dan turun ke jalan. Mereka melakukan aksi protes terhadap presiden mereka. Di antara siswa itu, banyak yang membawa bendera putih-merah-putih Belarusia.

“Kami datang untuk mendukung rakyat, untuk menunjukkan sikap politik kami dan menunjukkan bahwa tidak perlu tinggal di rumah, untuk merasa takut,” kata seorang siswa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA