Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Topan Maysak Hantam Semenanjung, Dua Korea Nyalakan Peringatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 02 September 2020, 13:48 WIB
Topan Maysak Hantam Semenanjung, Dua Korea Nyalakan Peringatan
Gelombang laut karena badai/Net
rmol news logo Korea kembali mendapatkan peringatan badai topan. Kali ini Topan Maysak diperkirakan akan menjadi salah satu yang paling kuat dalam beberapa tahun terakhir yang melanda kedua sisi semenanjung Korea.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sebanyak lebih dari 300 penerbangan domestik dibatalkan, menyusul adanya peringatan Topan Maysak yang akan melanda Jeju dengan kecepatan hingga 162 km per jam pada Rabu (2/9).

Melansir AFP, Topan Maysay yang berarti Pohon Kamboja, akan mendarat di pantai selatan Busan pada Rabu malam, sebelum akhirnya naik ke sisi timur semenanjung hingga ke utara Laut Jepang.

Perdana Menteri Korea Selatan, Chung Sye-kyun mengatakan badai itu diperkirakan memiliki kekuatan yang sama dengan Topan Maemi pada 2003, yang menyebabkan 131 orang tewas dan kerusakan lebih dari 4 triliun won.

Setelah itu, badai diperkirakan akan mendarat di dekat kota industri Chongjin, Korea Utara pada Kamis (3/9) dengan kekuatan yang lebih besar.

"Angin bisa menjadi lebih kuat pada Rabu malam dan hingga Kamis," ujar Badan Meteorologi Korea Selatan sembari memperkirakan akan adanya hujan lebat lebih dari 400 milimeter.

Di Korea Utara, dari laporan media lokal, pemerintah Pyongyang sudah memerintahkan pihak berwenang mengambil tindakan mendesak untuk meminimalisir kerusakan.

"Hujan deras dan angin kencang diperkirakan melanda berbagai wilayah di RRDK," kata kantor berita resmi KCNA, merujuk pada nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea.

"Para pejabat telah melakukan survei rinci ke tempat-tempat berbahaya dan memeriksa infrastruktur termasuk terowongan dan jalan kereta api," tambah laporan tersebut,

Topan Maysak merupakan badai kedua dalam sepekan terakhir yang menghantam semenanjung Korea. Di mana pada pekan lalu, Korea mendapatkan hantaman Topan Bavi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA