Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Di Tengah Pandemik, Kerjasama Pertahanan Indonesia-India Tetap Ciamik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 02 September 2020, 13:52 WIB
Meski Di Tengah Pandemik, Kerjasama Pertahanan Indonesia-India Tetap <i>Ciamik</i>
Dutabesar Indonesia di India Sidharto Suryodipuro dalam program RMOL World View/RMOL
rmol news logo Indonesia dan India merupakan dua negara yang memiliki kedekatan dalam banyak aspek, bukan hanya ekonomi dan perdagangan, tapi juga dalam hal keamanan.

Meski kedua negara sama-sama sedang berjuang menangani pandemik virus corona atau Covid-19, namun hubungan strategis kedua negara tidak lantas terganggu. Hal itu bisa dilihat dari kunjungan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto ke India pada akhir Juli lalu.

Pada kunjungan tersebut, Prabowo bertemu dengan rekan sejawatnya, Menteri Pertahanan India Rajnath Singh untuk membahas kerjasama strategis di bidang keamanan.

Menindaklanjuti kunjungan tersebut, Dutabesar Indonesia di India Sidharto Suryodipuro dalam program RMOL World View bertajuk "Titian Emas Indonesia-India" yang digelar secara virtual pada awal pekan ini, menjelaskan bahwa pertemuan tersebut menunjukkan betapa dekatnya hubungan kedua negara dalam bidang pertahanan.

"Hubungan pertahanan antara Indonesia dan India memang kuat dan sudah berlangsung cukup lama. Salah satunya yang kita kerjakan bersama adalah patroli terkordinasi di Perairan Andaman. Kita juga memiliki kerjasama latihan Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan sekarang sedang dibahas pelatihan Angkatan Udara," papar Sidharto.

Bukan hanya itu, Indonesia dan India juga menjaga dialog yang baik dalam hal kerjasama pertahanan.

"Pertemuan beliau (Prabowo) dengan menteri pertahanan India adalah melanjutkan pembicaraan yang sudah ada," sambungnya.

Pada pertemuan yang sama, kedua menteri itu juga membahas soal situasi keamanan kawasan terkini dan perkembangan terakhir di tengah pandemik. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA