Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada Lingkaran Anti-Turki Di Austria

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 02 September 2020, 19:25 WIB
Ada Lingkaran Anti-Turki Di Austria
Juru Bicara Kementerian Liar Negeri, Hami Aksoy/Net
rmol news logo Tuduhan otoritas Austria tentang adanya mata-mata Turki di negaranya mendapat kecaman keras dari Juru Bicara Kementerian Liar Negeri, Hami Aksoy.

Dalam pernyataannya Aksoy menolak dengan tegas tuduhan yang dialamatkan kepada negaranya. Aksoy juga menilai ada sentimen anti-Turki dibalik tudingan tersebut.

"Kami menolak tuduhan tidak berdasar yang dibuat tentang negara kami oleh otoritas Austria," kata Aksoy, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Rabu (2/8).

"Jelas bahwa lingkaran anti-Turki berada di balik tuduhan ini," tambah pernyataan itu.

Menurut Aksoy, pernyataan tersebut kembali menunjukkan bahwa politik Austria tidak dapat lepas dari spiral wacana populis dan penentangan terhadap Turki.

“Perlu diketahui bahwa situasi ini membuat sedih komunitas Turki di Austria dan merusak hubungan Turki-Austria,” katanya.

Dalam pernyataan tersebut Turki meminta pemerintah Austria untuk melakukan kerja sama yang tulus sekaligus berharap negara itu meninggalkan pengejaran agenda artifisial melalui Turki dengan kalkulasi politik internal yang dangkal, dan untuk bertindak dengan kebijaksanaan dan martabat negara.

Sebelumnya juru bicara kepresidenan Turki Ibrahim Kalin ikut bereaksi dengan menuliskan status di akun Twitter pribadinya untuk mengkritik otoritas Austria.

Dalam twitnya Kalin turut membagikan artikel Deutsche Welle Turki yang mengutip Reuters berjudul "Turki ingin memecah Austria."

“Hanya Austria? Sayang sekali,” tulis Kalin di Twitter bersama dengan tiga emoji wajah tersenyum.

Menurut artikel tersebut, Menteri Integrasi Austria Susanne Raab mengatakan bahwa Ankara mempengaruhi orang Turki yang tinggal di Austria melalui asosiasi dan masjid dan bahwa Turki bertujuan untuk memecah belah masyarakat Austria.

Menurut perkiraan, hingga saat ini ada sekitar 300 ribu minoritas Turki yang tinggal di Austria. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA