Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sengketa Proyek Bendungan Nil Tak Kunjung Usai, Trump Tangguhkan Bantuan Ke Ethiopia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 03 September 2020, 08:56 WIB
Sengketa Proyek Bendungan Nil Tak Kunjung Usai, Trump Tangguhkan Bantuan Ke Ethiopia
Presiden AS Donald Trump/Net
RMOL. Departemen Luar Negeri AS mengumumkan pada Rabu (2/8) bahwa pihaknya menangguhkan beberapa bantuan ke Ethiopia. Bantuan ditangguhkan karena kurangnya kemajuan dalam pembicaraan negara itu dengan Mesir dan Sudan atas proyek bendungan besar-besaran yang disengketakan yang sedang diselesaikannya di Sungai Nil.

Diketahui keputusan tersebut diambil setelah Departemen Luar Negeri menerima saran dari Presiden Donald Trump. Sebuah hal yang tidak biasa dari intervensi langsung Trump pada suatu masalah di Afrika, benua yang belum pernah dia kunjunginya sebagai presiden dan jarang disebutkan secara terbuka.

Sengketa bendungan berpusat di dua negara paling padat dan kuat di Afrika, Ethiopia dan Mesir. Banyak pihak khawatir sengketa tersebut dapat menyebabkan konflik militer.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri mengatakan kepada The Associated Press bahwa keputusan untuk menghentikan sementara beberapa bantuan kepada sekutu keamanan regional utama AS itu sebagai bentuk keprihatinan mereka soal konflik yang terjadi.

“Keputusan untuk menghentikan sementara beberapa bantuan kepada sekutu keamanan regional utama mencerminkan keprihatinan kami tentang keputusan sepihak Ethiopia untuk mulai mengisi bendungan sebelum kesepakatan dan semua tindakan keamanan bendungan yang diperlukan diterapkan. Keputusan itu diambil oleh Menteri Luar Negeri Mike Pompeo berdasarkan arahan dari presiden,” kata juru bicara itu seperti dikutip dari AFP, Kamis (3/9).

Tidak jelas berapa juta dolar bantuan yang terpengaruh, atau untuk berapa lama penangguhan itu berlaku.

“Amerika Serikat sebelumnya dan berulang kali menyatakan keprihatinannya bahwa memulai pengisian GERD sebelum semua tindakan keamanan bendungan yang diperlukan diterapkan menciptakan risiko serius bagi populasi negara-negara hilir,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri.

"Selain itu, mengisi selama negosiasi sedang berlangsung merusak kepercayaan pihak lain dalam negosiasi,” lanjutnya.

Juru bicara itu juga mengatakan Amerika Serikat semakin prihatin dengan kurangnya kemajuan dalam negosiasi perjanjian trilateral tentang pengisian dan pengoperasian bendungan, tetapi mengatakan AS terus bekerja dengan ketiga negara terkait masalah tersebut.

Minggu ini Ethiopia mengatakan meminta klarifikasi AS setelah laporan media mengatakan Pompeo telah menyetujui pemotongan hingga 130 juta dolar AS bantuan karena sengketa bendungan. Laporan yang dimuat oleh Foreign Policy pekan lalu itu menyebabkan kegemparan di antara beberapa kawasan di Ethiopia yang melihat bendungan tersebut sebagai sumber kebanggaan nasional.

Belum ada komentar langsung dari pemerintah Ethiopia mengenai penangguhan bantuan tersebut. Duta Besar Ethiopia untuk AS, Fitsum Arega, minggu ini menulis di akun Twitternya bahwa negaranya bertekad untuk menyelesaikan bendungan.

“Kami akan menarik Ethiopia keluar dari kegelapan,” tulisnya.

Bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di Afrika telah menyebabkan ketegangan parah dengan Mesir , yang menyebutnya sebagai ancaman eksistensial dan kekhawatiran bahwa hal itu akan mengurangi bagian negara itu dari perairan Nil. Ethiopia mengatakan bendungan senilai 4,6 miliar dolar AS itu akan menjadi mesin pembangunan yang akan menarik jutaan orang keluar dari kemiskinan.

Pembicaraan bertahun-tahun di antara negara-negara itu gagal mencapai kesepakatan. Masalah utama yang tersisa termasuk bagaimana menangani pelepasan air dari bendungan selama kekeringan bertahun-tahun dan bagaimana menyelesaikan perselisihan di masa depan.

Paus Francis baru-baru ini mendesak Mesir, Ethiopia dan Sudan untuk melanjutkan pembicaraan di tengah kekhawatiran regional tentang potensi konflik militer akibat ketegangan yang terjadi di kawasan tersebut.

AS awal tahun ini mencoba menengahi diskusi, tetapi Ethiopia mundur di tengah tuduhan bahwa Washington berpihak pada Mesir. Sekarang ketiga negara tersebut melaporkan kemajuan apapun ke Uni Afrika, yang memimpin negosiasi.

Ethiopia mengatakan akan mengisi bendungan dengan atau tanpa kesepakatan dengan Mesir dan Sudan. Waduk bendungan seluas 74 miliar meter kubik itu pertama kali terisi pada Juli, yang dirayakan oleh pemerintah Ethiopia dan dikaitkan dengan hujan lebat, sementara Mesir dan Sudan yang terkejut buru-buru mencari klarifikasi dan menyatakan skeptis.

Juru bicara AS mengatakan meskipun terjadi penangguhan, itu tidak akan berdampak pada bantuan untuk membantu Ethiopia dalam upayanya mengatasi Covid-19 dan HIV serta bantuan kemanusiaan tertentu untuk membantu mereka yang terkena dampak konflik, kekeringan, pengungsian, dan tantangan kemanusiaan lainnya.

Dalam beberapa pekan terakhir Etiopia telah mengalami peningkatan pesat dalam kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan sekarang memiliki lebih dari 50 ribu kasus, tantangan lain bagi negara yang sudah menghadapi ledakan kekerasan etnis yang mematikan dan penderitaan ekonomi yang semakin parah.

Seorang mantan duta besar AS untuk Ethiopia, David Shinn, telah memperingatkan terhadap dampak pemotongan bantuan, dan menulis bahwa “bermain politik keras dengan Ethiopia tidak hanya akan gagal untuk mendapatkan hasil yang diinginkan Washington tetapi mungkin akan memastikan bahwa diaspora Ethiopia di Amerika Serikat bersatu melawan Trump. Ada komunitas Ethiopia-Amerika yang cukup besar di negara bagian utama seperti Georgia, Texas, dan Virginia." rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA