Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satu Dari Tujuh Tenaga Kesehatan Di Meksiko Terinfeksi Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 September 2020, 09:14 WIB
Satu Dari Tujuh Tenaga Kesehatan Di Meksiko Terinfeksi Covid-19
Kurangnya alat pelindung diri membuat banyak tenaga kesehatan di Meksiko terinfeksi Covid-19/Net
rmol news logo Mesiko dinyatakan sebagai negara yang memiliki tingkat penularan virus corona tertinggi terhadap petugas layanan kesehatan di Amerika Latin.

Pan American Health Organisation (PAHO) menyebut, satu dari tujuh petugas kesehatan di Meksiko terinfeksi Covid-19. Di mana hingga 23 Agustus, ada lebih dari 97 ribu kasus Covid-19 di antara petugas kesehatan. Sebanyak 60 persen di antaranya adalah perempuan.

Dari keseluruhan yang terinfeksi, sebanyak 42 persen merupakan perawat, 27 persen dokter, dan 31 persen adalah karyawan rumah sakit lainnya seperti teknisi, asisten, hingga petugas kebersihan.

Direktur PAHO, Carissa Etienne pada Rabu (2/9) mengatakan, banyaknya petugas kesehatan yang terinfeksi karena kurangnya peralatan dan pelatihan pelindung pribadi yang tepat.

Kendati begitu, Wakil Menteri Kesehatan Meksiko, Hugo Lopez-Gatell berdalih, banyaknya perawat dan dokter yang meninggal karena virus disebabkan adanya kondisi media bawaan, meski beberapa di antaranya tidak menggunakan alat pelindung dengan optimal.

Dengan kurangnya pasokan alat pelindung diri, para tenaga kesehatan di Meksiko sudah melakukan banyak protes.

Sampai saat ini, Meksiko merupakan negara dengan jumlah kematian akibat Covid-19 tertinggi keempat di dunia, setelah Amerika Serikat, Brasil, dan India.

Data dari PAHO menunjukkan, virus corona baru sudah menginfeksi lebih dari 570 ribu petugas kesehatan di Amerika, dengan 2.500 di antaranya meninggal dunia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA