Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukti Suksesnya Konvensi Nasional Partai Republik, Dukungan Joe Biden Di Swing State Anjlok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 September 2020, 13:06 WIB
Bukti Suksesnya Konvensi Nasional Partai Republik, Dukungan Joe Biden Di <i>Swing State</i> Anjlok
Kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Joe Biden/Net
rmol news logo Swing state atau juga yang disebut battlefield state merupakan negara bagian yang diperebutkan oleh dua kandidat Presiden Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Universitas Monmouth yang dilansir The National Interest pada Kamis (3/9), dukungan untuk kandidat dari Partai Demokrat, Joe Biden turun setelah Konvensi Nasional Partai Republik (RNC) digelar.

Hasil survei dengan margin kesalahan 4,9 menunjukkan, dukungan untuk Biden di Pennsylvania turun dari 53 persen pada Juli menjadi 49 persen. Sementara petahana, Presiden Donald Trump dari Partai Republik mengalami kenaikan dukungan dari 40 persen menjadi 45 persen.

Dalam beberapa hari terakhir, survei yang dilakukan oleh berbagai swing state menunjukkan, dukungan untuk Trump meningkat sehingga kesenjangan suara semakin menipis.

Jika melihat dari model jumlah pemililh tinggi, Monmouth memproyeksikan Biden masih memimpin Trump dengan 49 persen melawan 46 persen.

Namun, jika dilihat dari model jumlah pemilih rendah, Biden hanya memimpin satu poin dengan 48 persen melawan 47 persen.

Sebulan sebelumnya, hasil survei yang sama menunjukkan, Biden berhasil memimpin Trump dengan 10 poin dalam jumlah pemilih tinggi dan tujuh popin dalam model pemilih rendah.

"Ini benar-benar permainan inci. Kampanye Trump mengupas sedikit dukungan Biden di sana-sini. Ini mungkin berhasil meskipun fakta pemilih Pennsylvania secara pribadi cenderung menyukai Demokrat," ujar Patrick Murray dari Universitas Monmouth.

"Konvensi Partai Republik berusaha menabur benih keraguan di antara blok inti Demokrat, terutama pemilih muda dan perkotaan," sambungnya.

"Sepertinya mereka sedikit berhasil dengan itu, setidaknya untuk saat ini," imbuhnya.

Survei yang dilakukan oleh Universitas Monmouth sendiri dilakukan terhadap 400 pemilih yang terdaftar di Pennsylvania. Survei dilakukan pada 28 hingga 31 Agustus.

Sama halnya di Pennsylvania, di Michigan, dukungan terhadap Biden turun 2,6 poin dari survei yang dilakukan pada Juli.

Di Wisconsin, persaingan antara Biden dan Trump semakin ketat dengan hanya selisih 3,5 poin.

Secara tradisional, Pennsylvania, Michigan, dan Wisconsin adalah negara bagian biru atau pendukung Demokrat. Namun survei yang dikumpulkan oleh RealClearPolitics menunjukkan dukungan belum jelas karena slogan Trump tampaknya sedang booming di sana.

RNC sendiri digelar secara hybrid pada 24 hingga 27 Agustus. Di sana, Trump berhasil membalikkan kritikan yang disampaikan oleh lawannya dalam Konvensi Nasional Partai Demokrat yang digelar sepekan sebelumnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA