Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seorang Bayi Lahir, Jumlah WNI Jamaah Tabligh Di India Bertambah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 04 September 2020, 13:38 WIB
Seorang Bayi Lahir, Jumlah WNI Jamaah Tabligh Di India Bertambah
irektur Pelindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha/Net
rmol news logo Jumlah warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anggota Jamaah Tabligh di India bertambah dengan kelahiran seorang bayi.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Pelindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha dalam konferensi pers virtual pada Jumat (4/9).

"Tercatat terdapat 752 WNI Jamaah Tabligh (di India). Angka awal adalah 751, namun ada kelahiran seorang bayi, jadi total saat ini menjadi 752 orang yang tersebar di 12 negara bagian," papar Judha.

Dari total WNI Jamaah Tabligh di India, Judha mengatakan, sebanyak 393 telah berhasil direpatriasi dengan lima kali penerbangan dari New Delhi ke Jakarta pada Juli dan Agustus.

Sementara itu, sebanyak 359 lainnya masih di India karena masih harus menyelesaikan proses hukum. Namun 157 di antaranya sudah mendapatkan putusan bebas dari pengadilan.

"25 orang berstatus judicial custody dan saat ini masih dalam tahanan, 172 orang berstatus judicial custody namun telah mendapatkan pembebasan bersyarat, lima orang telah mendapatkan pembebasan bersyarat tapi memutuskan untuk melanjutkan proses persidangan," paparnya.

Adapun secara keseluruhan, Jamaah Tabligh asal Indonesia saat ini berjumlah 1.173 orang dan tersebar di 13 negara. Hingga, Jumat, sebanyak 797 dari jumlah tersebut sudah pulang ke tanah air.

"Saat ini masih terdapat 376 orang, yang mayoritas berada di India, yang terus kita upayakan kepulangannya," pungkas Judha. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA