Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mengalah, Israel Lapang Dada AS Jual F-35 Ke UEA

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 04 September 2020, 16:18 WIB
Mengalah, Israel Lapang Dada AS Jual F-35 Ke UEA
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu/Net
rmol news logo Israel akhirnya mengalah dan menyetujui rencana pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump untuk menjual senjata pada Uni Emirat Arab (UEA).

Setidaknya lampu hijau tersebut diberikan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu yang sebelumnya berusaha keras memblokir penjualan pesawat tempur F-35 dari AS ke UEA.

Begitu yang diungkap oleh sumber dari kantor Netanyahu kepada New York Times pada Kamis malam (3/9).

Sumber tersebut mengatakan, sejak pekan lalu, Netanyahu sudah tidak lagi mengeluh secara terbuka terkait penjualan senjata yang diusulkan oleh AS kepada UEA.

Penjualan senjata dari AS ke UEA muncul beberapa waktu setelah Presiden Donald Trump mengumumkan normalisasi hubungan antara Tel Aviv dan Abu Dhabi pada 13 Agustus.

Netanyahu sendiri pada awalnya mengatakan, kesepakatan dengan UEA tidak meliputi persetujuan penjualan senjata dari AS. Ia pun berusaha memblokir rencana tersebut.

Tetapi dalam beberapa pekan terakhir, Gedung Putih justru mempercepat penjualan paket senjata ke UEA, termasuk F-35, jet Growler EA-18G, hingga drone Reaper.

Sejak lama, AS memang ingin menjual senjata pada UEA dan Abu Dhabi pun tengah mencari persenjataan yang lebih canggih. Walaupun begitu, pejabat AS menegaskan, penjualan senjata ke UEA bukan dikarenakan normalisasi hubungan meski mereka juga tidak membantah adanya pengaruh dari posisi diplomatik tersebut.

Penolakan awal Israel terhadap transaksi senjata tersebut didasari akan adanya pergeseran keseimbangan kekuatan militer di Timur Tengah.

Sementara itu, Dutabesar Israel untuk AS, Ron Dermer mengatakan, "tidak benar" bahwa Netanyahu memberikan persetujuan kepada Washington untuk menjual senjata pada UEA.

Dermer menegaskan, pemerintahan Trump berkomitmen untuk mempertahankan keunggulan militer Israel di kawasan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA