Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Panglima Militer India Ajak China Selesaikan Bentrokan Perbatasan Dengan Diplomasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 04 September 2020, 17:22 WIB
Panglima Militer India Ajak China Selesaikan Bentrokan Perbatasan Dengan Diplomasi
Panglima militer India, Jenderal Manoj Mukund Naravane/Net
rmol news logo Panglima militer India, Jenderal Manoj Mukund Naravane mengajak China untuk melakukan pembicaraan untuk menyelesaikan pertikaian di perbatasan kedua negara yang saat ini sedang berlangsung.

Hal tersebut disampaikan Naravane saat mengunjungi wilayah Ladakh yang menjadi lokasi pertikaian pasukan militer kedua negara, Jumat (4/9).

"Kami yakin bahwa masalah tersebut dapat diselesaikan sepenuhnya melalui pembicaraan," kata Naravane kepada Reuters.

Beberapa hari terakhir, ketegangan di Garis Kontrol (LAC) pecah setelah kedua pasukan saling mengklaim melanggar perjanjian.

India menuding China melanggar perjanjian bilateral dengan mendorong pasukannya melalui LAC yang berada di gurun salju, Ladakh.

Sementara itu, China menyalahkan India karena melanggar LAC akhir bulan lalu. Jurubicara Kedutaan Besar China di New Delhi bahkan mengatakan, langkah tersebut telah sangat melanggar kedaulatan teritorial negara tersebut.

Meski saling menyalahkan dan saling berseteru, keduanya berulang kali menegaskan ingin melakukan tahap diplomasi untuk menyelesaikan masalah. Di sisi lain, keduanya juga mengerahkan ribuan pasukan di sepanjang wilayah Himalaya barat yang disengketakan.

Berdasarkan laporan media lokal keduanya pada Jumat, menteri pertahanan India dan China kemungkinan akan melakukan pertemuan di sela-sela Organisasi Kerja sama Shanghai di Moskow.

“Berdasarkan apa yang saya ketahui, pengaturan antara kedua belah pihak ini telah mengalami kemajuan. Pertemuan antara Wei Fenghe dan Rajnath Singh memiliki kemungkinan besar untuk diadakan," ujar pemimpin redaksi surat kabar China Global Times, Hu Xijin.

Selain itu, selama beberapa hari terakhir, para pejabat militer juga bertemu di selatan danau Pangong Tso di Ladakh. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA