Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Peneliti: Banyak Orang Malas Pakai Masker, Awal 2021 Kematian AS Bisa Capai Lebih Dari 400 Ribu Jiwa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 05 September 2020, 12:59 WIB
Peneliti: Banyak Orang Malas Pakai Masker, Awal 2021 Kematian AS Bisa Capai Lebih Dari 400 Ribu Jiwa
Pejalan kaki yang memakai masker wajah menyeberang jalan dekat Union Square di New York/Net
rmol news logo Lembaga kesehatan Universitas Washington mengeluarkan sebuah prediksi yang cukup mengerikan terkait pandemik Covid-19 di Amerika Serikat pada Jumat (4/9).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mereka memprediksi bahwa kematian AS akibat virus corona akan mencapai 410 ribu jiwa pada akhir tahun 2020, lebih dari dua kali lipat jumlah kematian saat ini, dan angka kematian bisa melonjak menjadi 3.000 per hari pada bulan Desember mendatang.

"Kematian dapat dikurangi hingga 30 persen jika lebih banyak orang Amerika mengenakan masker wajah seperti yang disarankan oleh ahli epidemiologi, tetapi pemakaian masker menurun," kata Institut Metrik dan Evaluasi Kesehatan Universitas, seperti dikutip dari Reuters, Jumat (4/9).

Tingkat kematian AS yang diproyeksikan oleh model IHME, yang telah dikutip oleh Satuan Tugas Virus Corona Gedung Putih, akan lebih dari tiga kali lipat tingkat kematian saat ini yakni sekitar 850 per hari.

"Kami memperkirakan angka kematian harian di Amerika Serikat, karena musiman dan menurunnya kewaspadaan publik, mencapai hampir 3.000 per hari pada bulan Desember," kata institut itu dalam pembaruan prakiraan periodiknya.

“Kematian kumulatif yang diperkirakan pada 1 Januari adalah 410.000; ini berarti 225.000 kematian dari sekarang hingga akhir tahun," lanjutnya.

Sebelumnya diperkirakan akan ada 317.697 kematian pada 1 Desember mendatang.

Prospek model untuk dunia bahkan lebih mengerikan, dengan kematian diproyeksikan meningkat tiga kali lipat menjadi 2,8 juta pada 1 Januari 2021.

Saat ini, Amerika Serikat, yang memiliki populasi terbesar ketiga di dunia itu memimpin planet ini dengan lebih dari 186 ribukematian karena Covid-19 dengan 6,1 juta infeksi virus corona.

Pernyataan Institut tersebut kontras dengan pernyataan berulang yang diucapkan Presiden Donald Trump bahwa virus corona akan menghilang. Tetapi kematian telah melampaui beberapa prediksi mengerikan lembaga, yang sering diperbarui untuk mencerminkan data baru, asumsi yang direvisi, dan sumber informasi yang lebih canggih.

Masalah Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memperkirakan hanya empat minggu sebelumnya, dan perkiraan terbaru adalah 200.000 hingga 211.000 orang tewas pada 26 September.

Namun institut tersebut mengatakan dengan begitu banyak orang Amerika yang masih menolak untuk memakai masker masih ada "kesempatan luar biasa" untuk menyelamatkan nyawa.

"Meningkatkan penggunaan masker ke tingkat seperti yang terlihat di Singapura akan menurunkan jumlah kematian kumulatif menjadi 288 ribu, atau 122 ribu nyawa diselamatkan dibandingkan dengan skenario referensi," katanya.

“Penggunaan masker terus menurun dari puncaknya pada awal Agustus. Penurunan terlihat jelas di seluruh Midwest, termasuk di beberapa negara bagian seperti Illinois dan Iowa dengan jumlah kasus yang meningkat,” kata laporan itu.

Lembaga itu juga mengingatkan, meskipun infeksi AS telah menurun menjadi sekitar 45 ribu kasus per hari dari puncak sekitar 70 ribu per hari pada bulan Juli lalu, Covid-19 adalah penyebab utama kematian kedua di negara itu setelah penyakit jantung dan kanker sebagai penyebab kematian di Amerika Serikat.

Tingkat infeksi baru-baru ini turun di negara bagian besar seperti Texas, Florida, dan California, yang menyebabkan penurunan kasus secara nasional.

Tetapi 10 negara bagian, yang kebanyakan berada di Midwest, rata-rata masih lebih dari satu kasus sekunder per orang yang terinfeksi, sebuah indikasi penyebaran yang cepat, kata laporan itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA