Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Situasi India-China Sangat Buruk, Donald Trump Ingin AS Jadi Penengah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 06 September 2020, 08:08 WIB
Situasi India-China Sangat Buruk, Donald Trump Ingin AS Jadi Penengah
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump/Net
rmol news logo Pertikaian antara India dan China di perbatasan digambarkan sebagai situasi yang sangat buruk oleh Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut lah yang membuatnya ingin terlibat dan membantu meredakan ketegangan di antara dua negara tersebut.

"Sementara kami melakukannya, kami berbicara tentang China dan India yang melakukannya dengan cukup baik di perbatasan. Seperti yang Anda tahu, ini sangat buruk," ujar Trump dalam sebuah konferensi pers, seperti dikutip The Telegraph Hindia, Sabtu (5/9).

Lebih lanjut, Trump mengatakan pihaknya tengah berbicara dengan India dan China terkait dengan situasi di perbatasan. Ia mengaku sangat ingin terlibat dan membantu kedua negara.

"Kami siap membantu sehubungan dengan China dan India. Jika kami bisa melakukan apa saja, kami ingin sekali terlibat dan membantu. Dan kami berbicara dengan kedua negara tentang itu," jelasnya.

Pernyataan Trump tersebut muncul ketika Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh mengadakan pembicaraan dengan Menteri Pertahanan China, Jenderal Wei Fenghe di Moskow, Rusia.

Pertemuan keduanya digelar di sela-sela pertemuan para menteri pertahanan Shanghai Cooperation Organization (SCO) pada Jumat (4/9). Itu merupakan pertemuan tingkat tinggi pertama untuk membahas sengketa di Ladakh terkait ketegangan yang baru muncul.

Singh, seperti dikutip NDTV, mendorong diberlakukannya status quo ante atau pemulihan di semua titik pertikaian di Ladakh Timur.

Sejak Mei, pasukan India dan China terlibat pertikaian sengit di beberapa titik di Ladakh Timur. Ketegangan meningkat pekan lalu ketika China berusaha melewati garis kontrol aktual (LAC) di tepi selatan Danau Pangong. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA