Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seorang Perwira Pengawal Nasional Tunisia Tewas Ditusuk Teroris, Presiden Kais Saied Langsung Kunjungi TKP

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 07 September 2020, 10:47 WIB
Seorang Perwira  Pengawal Nasional Tunisia Tewas Ditusuk Teroris, Presiden  Kais Saied Langsung Kunjungi TKP
Polisi forensik Tunisia menyelidiki lokasi serangan mematikan terhadap patroli petugas Garda Nasional di Sousse, selatan ibu kota Tunisia/Net
rmol news logo Seorang perwira Pengawal Nasional Tunisia tewas ditusuk pisau saat tiga penyerang misterius yang diduga teroris melakukan seragan mendadak pada Minggu (6/9). Ketiga penyerang berhasil ditembak mati setelah mereka mencoba melawan petugas dalam baku tembak.

Serangan penikaman itu terjadi di distrik wisata Sousse, kota pesisir yang dilanda serangan jihadis Tunisia terburuk dalam beberapa tahun terakhir. Serangan terparah terjadi pada 2015 ketika 38 orang yang sebagian warga Inggris tewas dalam aksi penembakan di tepi pantai wilayah tersebut.

Kejadian tersebut dibenarkan oleh juru bicara Garda Nasional Houcem Eddine Jebabli yang mengatakan bahwa telah terjadi aksi serangan itu terjadi saat dua perwira Garda Nasional melakukan patroli di Souse, 140 kilometer selatan ibu kota Tunis.

“Satu meninggal sebagai martir dan yang lainnya terluka dan dirawat di rumah sakit,” katanya, menambahkan bahwa ini adalah serangan teroris,  dikutip dari France24, Minggu (6/9).

Para penyerang pertama kali menabrak polisi dengan kendaraan sekitar pukul 6:40 pagi waktu setempat.

“Setelah melakukan serangan pisau, pasukan keamanan kemudian mengejar para penyerang yang telah merampas senjata dan kendaraan petugas, melalui distrik Akouda di kawasan wisata kota El-Kantaoui,” kata Jebabli.

“Dalam baku tembak, tiga teroris tewas,” katanya, menambahkan bahwa pasukan keamanan “berhasil menemukan” mobil dan dua pistol yang telah dicuri para penyerang.

Presiden Tunisia Kais Saied, dalam kunjungannya ke TKP beberapa jam kemudian, mengatakan polisi sedang menyelidiki apakah serangan itu direncanakan oleh individu atau organisasi.

Duta Besar Inggris untuk Tunisia Louise de Sousa mengaku terkejut dengan kejadian yang menimpa pasukan Garda Nasional tersebut.

“Saya terkejut mendengar serangan terhadap patroli Garda Nasional di #Sousse pagi ini. Saya turut berbela sungkawa kepada keluarga petugas yang terbunuh & saya berharap yang terluka segera pulih. #UKsupportTunisia,” tulisnya.

Sejak revolusi rakyat tahun 2011, Tunisia telah dilanda serangkaian serangan jihadis yang telah menewaskan puluhan personel keamanan, warga sipil, dan turis asing.

Bulan Maret lalu, sebuah serangan bunuh diri terhadap pasukan keamanan yang melindungi Kedutaan Besar AS di Tunis menewaskan seorang petugas polisi Tunisia dan menyebabkan beberapa lainnya luka-luka .

2015 adalah tahun yang sangat berdarah, dengan tiga serangan mematikan besar diklaim oleh kelompok ISIS.

Serangan di museum ibu kota Bardo pada Maret menewaskan 21 turis asing dan seorang penjaga keamanan. Hanya berselang tiga bulan, 38 turis juga tewas dalam penembakan di Sousse.

Di tahun yang sama, pada November, ledakan bom di sebuah bus di pusat kota Tunis menewaskan 12 pengawal presiden.

Meskipun suasana berangsur membaik, tidak mengubah keadaan darurat di Tunisia hingga sekarang. Serangan terhadap pasukan keamanan terus berlanjut, terutama di daerah terpencil di sepanjang perbatasan dengan Aljazair.

Tunisia telah dipuji karena punya kisah sukses yang langka di antara pemberontakan Musim Semi Arab 2011 yang melanda wilayah tersebut dan menjatuhkan banyak otokrat, di antaranya adalah presiden lama Tunisia, Zine El Abidine Ben Ali.

Tetapi negara kecil Mediterania berpenduduk sekitar 11 juta orang itu terperosok dalam krisis ekonomi, dengan tingkat pengangguran resmi sebesar 18 persen, dan membutuhkan bantuan baru dari Dana Moneter Internasional.

Minggu lalu, parlemen Tunisia menyetujui pemerintahan teknokratis baru yang dipimpin oleh Perdana Menteri Hichem Mechichi, yang menghadapi tugas mengatasi kesengsaraan sosial dan ekonomi yang mendalam di negara Afrika Utara itu.

Perdana menteri berusia 46 tahun itu berjanji untuk merevitalisasi ekonomi, termasuk sektor pariwisata yang penting, yang telah pulih setelah serangan jihadis tetapi telah terpukul keras tahun ini oleh pandemik virus corona. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA