Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anglophone Masih Bergolak, Presiden Kamerun Tetap Umumkan Pemilu Desember

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 08 September 2020, 09:20 WIB
Anglophone Masih Bergolak, Presiden Kamerun Tetap Umumkan Pemilu Desember
Presiden Kamerun Paul Biya/Net
rmol news logo Presiden Kamerun Paul Biya akhirnya mengumumkan pelaksanaan pemilihan regional pertama negara itu pada bulan Desember mendatang, termasuk di dua wilayah barat yang saat ini berada dalam cengkeraman pemberontakan minoritas Anglophone pada Senin (7/9).

Pemilihan umum tidak langsung yang akan digelar pada 6 Desember di 10 wilayah negara itu akan menempatkan dewan-dewan yang diatur dalam konstitusi 1996 dalam upaya menuju desentralisasi yang belum terlaksana hingga saat ini.

Dewan ini juga akan dipilih di dua wilayah barat di mana pemberontakan hampir tiga tahun telah merenggut lebih dari 3.000 nyawa, seperti dikutip dari AFP, Selasa (8/9).

Dua wilayah anglophone yang bergolak adalah rumah bagi sebagian besar penutur bahasa Inggris di negara di mana penutur bahasa Prancis adalah mayoritas, sebuah situasi yang merupakan warisan dekolonisasi Afrika barat oleh Prancis dan Inggris lebih dari enam dekade lalu.

Bertahun-tahun kebencian atas diskriminasi yang dirasakan terhadap anglophones mengarah pada deklarasi pada 1 Oktober 2017, dari Republik Ambazonia yang digambarkan sendiri di dua wilayah, yang memicu tindakan keras oleh pihak berwenang.

Biya yang saat ini berusia 87 tahun, telah berkuasa selama hampir empat dekade dan menjanjikan dua wilayah ini status khusus dalam upaya meredam kerusuhan.

Daerah akan memilih 90 anggota dewan, yang akan memiliki kekuasaan terbatas pada masalah lokal. Dua puluh dari mereka akan menjadi perwakilan dari kepala suku tradisional.

John Fru Ndi, pemimpin partai oposisi utama, mengatakan dia akan memboikot pemilu kecuali ada gencatan senjata terlebih dahulu di wilayah berbahasa Inggris. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA