Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yaman: UEA Sudah Mulai Membangun Pangkalan Militer Di Pulau Socotra

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 08 September 2020, 15:02 WIB
Yaman: UEA Sudah Mulai Membangun Pangkalan Militer Di Pulau Socotra
Militer Uni Emirat Arab/Net
rmol news logo Para politisi Yaman mengklaim Uni Emirat Arab (UEA) telah mulai membangun dua kamp militer di Pulau Socotra.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut membuat para anggota parlemen dari Kongregasi Reformasi Yaman yang dikenal sebagai Al-Islah, serta beberapa anggota parlemen independen, mengirim surat kepada Perdana Menteri Maeen Abdulmalik Saeed.

Dalam surat tersebut, para legislator meminta pemerintah untuk berhati-hati karena UEA tengah membangun pangkalan militer di pulau strategis itu, melansir Anadolu Agency.

Bahkan, di dalam surat tersebut juga disebutkan, beberapa perwira militer UEA telah melakukan perjalanan ke Pulau Socotra tanpa paspor atau visa. Mereka juga telah membangun delapan menara pemancar di sana.

Hal yang sama juga diungkap oleh South Front pada Jumat (4/9). Situs web yang fokus pada penelitian militer dan strategis tersebut melaporkan ada kedatangan delegasi UEA-Israel ke pulau yang terletak di Samudra Hindia itu.

Situs web tersebut mengatakan UEA dan Israel bermaksud untuk membangun fasilitas militer dan intelijen di Socotra.

Socotra merupakan pulau yang menghadap ke Selat Bab al-Mandab yang strategis. Itu adalah rute pelayaran utama yang menghubungkan Laut Merah ke Teluk Aden dan Laut Arab.

Pada Juni, pasukan yang berafiliasi dengan Dewan Transisi Selatan (STC) memisahkan diri mengambil alih provinsi Socotra dalam sebuah tindakan yang digambarkan oleh pemerintah Yaman pada saat itu sebagai kudeta melawan legitimasi.

Pemerintah Yaman menuduh UEA mendukung STC untuk melayani kepentingannya sendiri di Yaman. Namun tudingan tersebut dibantah oleh Abu Dhabi.

Yaman sendiri telah dilanda kekerasan dan kekacauan sejak 2014, ketika pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara, termasuk ibukota Sana'a.

Krisis meningkat pada 2015 ketika koalisi militer pimpinan Saudi meluncurkan kampanye udara yang bertujuan untuk menggulung kembali keuntungan teritorial Houthi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA