Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

NATO Gelar Operasi Militer Di Arktik, Rusia Terancam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 08 September 2020, 19:00 WIB
NATO Gelar Operasi Militer Di Arktik, Rusia Terancam
NATO menggelar latiha militer di Arktik/Net
rmol news logo Sejumlah negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menggelar operasi penjagaan perdamaian di Arktik.

Angkatan Laut Kerajaan Inggris dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin (7/9) mengungkap, telah mengirim pasukan ke Arktik untuk bergabung bersama Angkatan Laut Amerika Serikat (AS), Norwegia, dan Denmark.

Di mana Inggris mengirimkan fregat tipe 23 HMS Sutherland dan RFA Tidespring. AS mengirim kapal perusak kelas Arleigh Burke USS Ross. Norwegia mengirim fregat kelas Fridtjof-Nansen HNoMS Thor Heyerdahl. Sementara Denmark akan mengamankan ruang udara dengan pesawat patrolinya.

Dalam pernyataan tersebut dijelaskan, operasi di Arktik merupakan lanjutan dari operasi yang dipimpin Inggris dan AS di Laut Barents pada Mei.

Operasi tersebut bertujuan untuk lebih meningkatkan pemahaman mengenai lingkungan Arktik yang menantang sembari membantu mempertahankan perdamaian di wilayah tersebut.

"Kapal Angkatan Laut Kerajaan memimpin kelompok tugas multinasional ke High North dalam operasi yang menunjukkan komitmen Inggris dan sekutunya terhadap kebebasan akses dan navigasi di wilayah tersebut," kata Angkatan Laut Kerajaan.

Pekan lalu, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu mengatakan bahwa NATO bertujuan untuk kembali ke konfrontasi Perang Dingin. Ia juga mengatakan, Moskow prihatin dengan upaya NATO untuk unjuk kekuatan, termasuk dengan mengintensifkan misi pengintaian dan latihan di dekat perbatasan Rusia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA