Maroko Buka Ruang Dialog Perdamaian Untuk Dua Faksi Yang Bertikai Di Libya

Delegasi dari dua faksi yang bertikai di Libya bertemu untuk membuka dialog di Kota Bouznika, Maroko/MAP

Kota Bouznika yang terletak di wilayah Casablanca-Settat, Maroko menjadi saksi bisu dari dialog perdamaian antara dua faksi yang bertikai di Libya.

Awal pekan ini (Senin, 7/9), delegasi dari faksi Dewan Tinggi Negara yang berbasis di Tripoli dan faksi parlemen yang berbasis di Tobruk, Libya kembali bertemu di Bouznika, Maroko.

Kedua belah pihak bertemu untuk membahas soal upaya mempertahankan gencatan senjata dan membuka negosiasi untuk mengakhiri konflik di Libya.

Sebagai informasi, sejak 2014, muncul faksi-faksi yang saling bertikai di Libya sebagai buntut dari kebuntuan politik di parlemen Libya. Ada faksi yang berbasis di ibu kota Tripoli, Libya barat dan ada juga faksi yang berbasis di Tobruk, Libya timur. Perselisihan itu menyebabkan terjadinya persaingan milisi dan suku untuk memperebutkan kekuasaan.

Pertemuan di Bouznika awal pekan ini merupakan pertemuan lanjutan dari sesi pertama pertemuan yang digelar pada akhir pekan lalu. Pada kesempatan itu, kedua belah pihak mengungkapkan keinginan mereka untuk mencapai konsensus yang akan mengakhiri penderitaan rakyat Libya.

Selain itu, mereka juga menyambut baik kesediaan Kerajaan Maroko untuk untuk menciptakan suasana persaudaraan yang sesuai sehingga dapat menemukan solusi untuk krisis Libya, mencapai mufakat, memastikan stabilitas politik dan ekonomi Libya, mengakhiri penderitaan rakyat Libya dan membuat kemajuan serta pembangunan kondisi yang kuat dan stabil di Libya.

Hal senada pun diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri, Kerjasama Afrika dan Maroko di Luar Negeri, Nasser Bourita dalam pembukaan dialog Libya. Dia menekankan bahwa baru-baru ini, muncul dinamika positif di Libya, terutama setelah gencatan senjata dan inisiatif yang ditunjukkan oleh faksi-faksi di Libya.

Menurutnya, dinamika positif itu kemungkinan besar akan mempersiapkan landasan untuk bergerak maju menuju solusi untuk krisis Libya.

Pada kesempatan yang sama, Bourita juga menegaskan bahwa penyelesaian krisis Libya didasarkan pada tiga prinsip fundamental, yaitu patriotisme Libya, keyakinan bahwa penyelesaiannya hanya bisa politis dan kepercayaan pada kapasitas Dewan Tinggi Negara Libya dan Dewan Perwakilan Rakyat Libya, sebagai lembaga yang sah yang mampu mengatasi kesulitan dan terlibat dalam dialog untuk Libya dan kepentingan negara.

Dialog dua faksi Libya di Maroko ini terselenggara beberapa minggu setelah kunjungan Presiden Dewan Tinggi Negara Libya, Khaled Al Mechri ke Maroko, dan Ketua Parlemen Libya, Aguila Salah, menyusul undangan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Maroko.

Pertemuan ini juga mengikuti kunjungan ke Maroko dari Penjabat Perwakilan Khusus dan Kepala Misi Dukungan PBB di Libya (UNSMIL), St├ęphanie Williams, sebagai bagian dari konsultasi yang dilakukan dengan pihak Libya, serta dengan mitra regional dan internasional dalam rangka untuk menemukan solusi bagi krisis Libya.

Kolom Komentar


Video

DIALOG JALAN SUTERA - Buka Bukaan Hubungan Indonesia China

Selasa, 13 Oktober 2020
Video

RMOL WORLD VIEW - 40 Tahun Yang Hangat, Bela Sawit Saling Menguat

Selasa, 13 Oktober 2020
Video

BINCANG SEHAT - Siap Hadapi Musim Hujan Di Tengah Pandemi Covid

Rabu, 14 Oktober 2020

Artikel Lainnya

Pekan Industri Kreatif, Tempat Anak Muda Indonesia Dan Taiwan Berbagi Budaya Dan Kreativitas
Dunia

Pekan Industri Kreatif, Temp..

19 Oktober 2020 20:41
Partai Evo Morales Hampir Pasti Menang Pemilu, Nicolas Maduro: Kemenangan Besar Untuk Bolivia
Dunia

Partai Evo Morales Hampir Pa..

19 Oktober 2020 20:39
Militer India Tangkap Seorang Tentara Pembebasan Rakyat China Di Perbatasan Ladakh
Dunia

Militer India Tangkap Seoran..

19 Oktober 2020 19:43
Pengamat Internasional: NU Berperan Penting Untuk Perdamaian Afghanistan
Dunia

Pengamat Internasional: NU B..

19 Oktober 2020 19:11
Muncul Klaster Covid-19 Di Antara Para Lansia, Korea Selatan Buru-buru Tes Massal
Dunia

Muncul Klaster Covid-19 Di A..

19 Oktober 2020 19:08
Dua Kemungkinan Resolusi Konflik Untuk Afghanistan
Dunia

Dua Kemungkinan Resolusi Kon..

19 Oktober 2020 18:20
Di Vietnam, PM Jepang Bahas Laut China Selatan Hingga Kerja Sama Anti-Teror
Dunia

Di Vietnam, PM Jepang Bahas ..

19 Oktober 2020 17:08
Second Track Diplomacy, Menyorot Peran Strategis NU Dalam Proses Perdamaian Di Afghanistan
Dunia

Second Track Diplomacy, Meny..

19 Oktober 2020 16:36